21 September 2021

Metrojatim.com

Suara Rakyat Metro

Jalan Menggelembung Diduga Dampak Pemasangan Pipa BGS – PDAM Gresik

2 min read

Sebagian Pipa dalam Proyek Pipanisasi BGS - PDAM Gresik, terlihat ditaruh di atas trotoar dekat Pabrik Mie Sedaap Sukomulyo Manyar Gresik (foto:ist)

Gresik, Metrojatim.com – Sebagian ruas jalan Raya Sukomulyo atau Deandles Manyar Kabupaten Gresik, dekat Pabrik PT KAS atau Mie Sedaap, mengalami peubahan yang tidak wajar, semacam menggelembung (membengkak). Dugaan sementara, pelaksanaan Proyek Pipanisasi BGS – PDAM Gresik. Pemasangan ini, merupakan lanjutan pemasangan pipa setelah “dianggap selesai” di Bungah, sejak November 2020 lalu. Kemudian, ke Sembayat, Betoyo, dan Roomo, nantinya akan berlanjut sampai Kelurahan Tlogopojok kemudian berakhir di Pelindo.

Penjaga proyek, Riyanto, berada depan gang masuk menuju Balai Desa Sukomulyo, mengatakan, “Saya jaga pak, nantinya pemasangan Pipa ini berlanjut dan menyambung sampai melalui Jalan Raya Roomo, Kelurahan Tlogopojok, kemudian berakhir di Pelabuhan. Silahkan bapak tanya mandornya yang mengerjakan proyek ini pak, agar lebih jelas” (27/02/2021).

Baca juga : Limbah Stock Pile Batu Bara Betoyo Gresik, Ancam Keselamatan Pengguna Jalan

Sementara itu, Perangkat Desa setempat yang enggan menyebut namanya mengatakan “Sudah ada sosialisasi warga sekitar dan Muspika, namun kurang tahu akan masalah kompensasi juga CSR. Pihak kontraktor atau pelaksana, menyampaikan bahwa akan memasukkan pipa di pinggir jalan. Apakah nantinya lewat selokan atau bawah trotoar dan lainnya, saya kurang paham. Untuk lebih jelas kan bapak bisa tanya ke Dinas PU, PDAM Gresik, dan atau Muspika pak” (27/02/2021).

Saat awak media bertanya pada seorang yang memakai helm proyek, dekat dengan lokasi, menyampaikan, “Maaf bapak siapa kok foto – foto, itu menggelembung gak tahu kenapa. Kalau tanya proyek pipa nanti saja, ketika mandor dan pengawas proyek datang, saya hanya pekerja biasa,” (28/02/2021).

Sebelumnya, sudah beberapa kali konfirmasi ke kantor PDAM Gresik, serta BUMN PT PP di Sidomukti. Namun, hingga saat ini, tidak ada yang menemui memberikan informasi, terkait perubahan jalan, serta progres dan evaluasi pemasangan pipa. (hsn)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *