21 September 2021

Metrojatim.com

Suara Rakyat Metro

Nurul Hayat (NH) Zakatkita Gresik – Lamongan Bagikan 100 Ekor Kambing di Desa Bungah Gresik

2 min read

Wakil Bupati Kabupaten Gresik Bu Min, bersama Tim NH Zakatkita, serta Camat Bungah, di Lokasi Pelaksanaan Program Ternak Desa Sejahtera

Gresik, Metrojatim.com – Nurul Hayat (NH) Zakatkita Gresik – Lamongan hari ini kamis 25 Maret 2021, direncanakan bagikan 100 ekor kambing kepada warga dan peternak di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik.

Menurut Sholihul Amin Staf Layanan dan Humas NH Zakatkita Gresik – Lamongan, menyampaikan Hari Kamis 25 Maret 2021, NH Zakatkita Gresik – Lamongan bagikan 100 ekor kambing kepada peternak dan warga Desa Bungah. Sehingga warga dan peternak Desa Bungah, bisa menjalankan usaha kemudian menambah pendapatan ekonomi secara produktif, di masa Pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga : Pencanangan Program Kampung KB, Saat Pandemi Covid-19 di Desa Kramat Mengare Gresik

Pada acara Nurul Hayat tersebut, Ibu Wakil Bupati Gresik Bu Min menyampaikan, Harapan Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Wakil Bupati Gresik. Yakni pembagian 100 ekor kambing tersebut dapat membantu masyarakat. Serta warga yang memang ekonominya lagi gak stabil di Masa Pandemi Covid-19 ini. Besar harapan Pemkab Gresik, dapat bermitra dengan NH Zakatkita serta meningkatkan ekonomi warga secara produktif.

NH Zakatkita : 100 Kambing Untuk 10 Peternak Gresik

Untuk Program Ternak Desa Sejahtera atau TDS, Kepala Cabang NH Zakatkita Gresik – Lamongan M. Robby Afrizal menyampaikan, bahwa ada 100 ekor kambing yang dibagikan ke 10 peternak, sehingga setiap peternak mendapatkan 10 ekor kambing. Kemudian setiap bulan akan di monitoring dan evaluasi (Monev), agar ternak menjadi gemuk serta sehat. Selanjutnya pihak NH menjual daging kambing ternak sebagai daging qurban, harapannya dalam 3 – 4 bulan sudah bisa dipanen. Dalam hitungan NH bahwa nantinya modal 100 kambing seharga 1 jutaan/kambing, maka modal Rp. 100 juta dan berkembang dengan keuntungan menjadi Rp. 165 jutaan.

Ia menambahkan, bahwa nantinya dari Rp. 165 jutaan tadi, maka tetap 2,5% untuk zakat kepada masyarakat sekitarnya, sehingga peternak tetap bisa beramal dan berzakat. Ke depan rencananya oleh NH Zakatkita akan ada pengembangan ke 3 – 4 lokasi di Kecamatan lainnya. Selain itu Camat Bungah Kiki Nuriyadi yang hadir di acara TDS NH Zakatkita menyampaikan pula, bahwa Desa Bungah sebagai percontohan. Serta nantinya bisa juga menjadi lokasi Pasar Hewan dan Lokasi Wisata Alam dan Fauna. Maka pihak Kecamatan Bungah sangat mendukung Program NH Zakatkita. (hns)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *