Puskesmas Kedungdoro Gelar Vaksinasi Sasar Pasar Stal Pandegiling - Metrojatim.com
20 April 2021

Metrojatim.com

Informatif, Akurat dan Profesional

Puskesmas Kedungdoro bersama Satgas Covid-19 Kelurahan Tegalsari

Puskesmas Kedungdoro Gelar Vaksinasi Sasar Pasar Stal Pandegiling

Surabaya, Metrojatim.com – Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kedungdoro menyasar para pedagang di kawasan Stal Pandegiling. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus gencar melakukan vaksinasi untuk meredam penularan Covid-19.

“Kuota 150 pedagang dari tiga pasar, yakni Pasar Stal Pandegiling, Pasar Kedondong, dan Pasar Kedungsri,” ujar drg. Dharmawati Zahara, Kepala Puskesmas Kedungdoro.

“Untuk vaksin ini kita pakai AstraZeneca, setiap orang yang akan mengikuti vaksin harus melalui empat pos. Mereka akan melaui pemeriksaan dan screening sebelum suntik vaksin,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk urutannya yakni mulai dari verifikasi data pendaftaran, lalu screening dan anamnase, kemudian suntik vaksin, selanjutnya masa observasi selama 30 menit. “Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin, dan pemberian kartu vaksinasi Covid-19,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Heri Santoso (53), salah satu pedagang yang ikut vaksinasi mengatakan sangat senang bisa ikut. Karena dirinya telah menunggu lama agar bisa divaksin oleh pihak puskesmas.

“Baru kemarin ada pemberitahuan, Mas. Ya senang juga bisa masuk dalam bagian yang disuntik vaksin di lapangan futsal Pandegiling Stal ini, dekat tempat saya berjualan,” ujar pedagang telur yang sudah 20 tahun berjualan di Pasar Stal Pandegiling tersebut.

Baca juga : Api Lahap Gudang Plastik Margomulyo, PMK Kerahkan 20 Mobil Damkar

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita menuturkan, khusus pasar yang ada di bawah naungan PD Pasar Surya, pendaftaran vaksinasinya oleh PD Pasar Surya. Ini untuk memudahkan pendataan agar satu pintu.

“Pemkot Surabaya menargetkan 20.000 orang pedagang pasar di Surabaya sudah tervaksin sampai 2 April 2021,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Senin (29/3/2021) lalu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang di pasar-pasar di Surabaya. Dia memastikan bahwa pemberian vaksin khusus pedagang pasar yang bersentuhan langsung dengan warga atau pembeli.

Sekedar informasi, Puskesmas Kedungdoro rencananya melakukan vaksinasi susulan menyasar pedagang pasar Kedondong dan pasar Kedungsari, Sabtu (3/3/2021).(wdt)

Share and Enjoy !