PAW Komisioner Bawaslu Surabaya, 5 Calon Kandidat Siap Di Verifikasi - Metrojatim.com
20 April 2021

Metrojatim.com

Informatif, Akurat dan Profesional

PAW Konisioner Bawaslu

Ketua Bawaslu Surabaya, M. Agil Akbar saat ditemui di kantor (foto:ist)

PAW Komisioner Bawaslu Surabaya, 5 Calon Kandidat Siap Di Verifikasi

Surabaya, Metrojatim.com – PAW (Pergantian Antar Waktu) Komisioner Bawaslu Kota Surabaya, guna mengisi kekosongan kursi salah satu komisioner.

Hal ini terjadi pasca meninggalnya anggota Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya, yakni Alm. Yaqub Baliyya Al Arif pada 11 Februari 2021 lalu karena sakit. Hingga saat ini posisi Bawaslu Surabaya hanya terisi oleh empat orang komisioner.

Ketua Bawaslu Kota Surabaya, M Agil Akbar, mengatakan,“Kami memang mendapatkan informasi  terkait hal itu, proses PAW ini langsung Bawaslu RI sehingga kita menunggu proses dari pusat.”

Ia juga menambahkan, kalau pelaksanaan verifikasi oleh Bawaslu RI ini, rencananya secara daring pada Rabu (7/4/2021) pukul 13.00 WIB di Kantor Bawaslu Jatim, Jalan Tanggulangin, Surabaya.

“Kita tunggu saja prosesnya dari Bawaslu RI,” ungkap Agil.

Di tempat terpisah, saat mengkonfirmasi salah satu kandidat pergantian antar waktu (PAW) Lilies Pratiwing S, mengatakan proses pengisian kekosongan komisioner Bawaslu Surabaya tersebut sedang dalam proses verifikasi.

Baca juga : Bawaslu se-Jatim Serahkan Santunan ke Keluarga Almarhum Gus Yaqub

“Saya Bersama dengan 4 orang lainya akan mengikuti verifikasi Penggantian Antar Waktu Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum kota Surabaya. Sisa masa jabatan 2021 – 2023 hari ini, Rabu  yang pelaksanaannya secara daring (online),” jlentrteh Lilies via telephone.

Perempuan yang juga pegiat LSM (Lembaga Swaadaya Masyarakat) tersebut menambahkan, ke-lima calon PAW nantinya akan wawancara secara daring (online) oleh Tim Verifikasi Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia.

“Tentunya ke-lima kandidat ini mempunyai peluang yang sama untuk menjadi PAW Calon Anggota Bawaslu Kota Surabaya,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Surat Nomor 0331/HK.01.00/K1/03/2021 yang ditandatangani Abhan, Ketua Bawaslu RI. Perihal undangan 5 orang kandidat Pengganti Antar Waktu (PAW) Komisioner Bawaslu Kota Surabaya.

Sesuai dengan undangan tersebut, terdaftar lima orang kandidat. Yakni, Lily Yunis, Lilies Pratiwing S, Novli Bernado T, Umar Faruk, dan Wahyu Hariyadi. Kemudian salah satu dari mereka nantinya akan mengisi kekosongan komisioner dengan masa jabatan 2021-2023. (wdt,red)

Share and Enjoy !