UKM Desa, Program Ekonomi Kerakyatan Wakil Bupati Kabupaten Gresik
20 April 2021

Metrojatim.com

Informatif, Akurat dan Profesional

Destinasi Eko Wisata dan Perahu Wisata Desa Randuboto Kecamatan Sidayu Gresik (hsn)

UKM Desa, Program Ekonomi Kerakyatan Wakil Bupati Kabupaten Gresik

Gresik, Metrojatim.com – UKM atau Usaha Kecil dan Menengah sebagai usaha mikro. Bahkan usaha informal yang tanpa memiliki perijinan dan badan hukum. Rencananya akan ada pengembangan yang berawal dari Desa dan atau Kelurahan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik.

Wakil Bupati Kabupaten Gresik Hj. Aminatun Habibah, dalam sebuah kegiatan menyampaikan “Kami Pemerintah Kabupaten Gresik sesuai niat kami sebelumnya. Yakni merencanakan Program Pemberdayaan UKM, Mikro dan Pelaku Usaha Informal. yang dimulai dari Desa dan Kelurahan. Salah satu Program Pemberdayaan dan Pengembangan UKM kami lewat Bunda Puspa. Khususnya lagi bagi Pelaku UKM Perempuan atau Para Ibu pedagang. Nantinya di setiap desa dan kelurahan, kami ambil salah satu produk atau hasil karya Pelaku UKM desa. Kemudian Pemkab Gresik memfasilitasi, sehingga sebagai produk unggulan dan keunikan masing – masing desa/kelurahan” jlentreh Bu Min sapaan akrab Wabup, Selasa (06/04/2021).

Baca juga : PKL atau Pedagang Pelaku UKM Informal Dalam Kebijakan Tiap Daerah

Ia menambahkan, nantinya pula selain mendapat modal dan fasilitas dari Pemerintah Kabupaten. Maka kemudian produk dan hasil keunggulan Pelaku UKM Desa, juga mendapatkan ruang pameran atau sentra hasil. “Selama ini belum ada sentra pamer dan atau ruang maupun acara promosi secara sinergis. Dan secara berkala pelaksanaannya. Maka dengan adanya fasilitas berupa ruang promosi dan pameran. Sehingga Produksi Warga Kabupaten Gresik bisa meningkatkan perekonomian, serta terkenal secara nasional maupun internasional. Namun semua ini bertahap namun pasti,” imbuhnya.

UKM Jadikan Destinasi Wisata Lokal Tempat Promosi

Selain itu, setidaknya beberapa Destinasi Wisata Lokal Gresik juga bisa menjadi ruang pamer dan promosi, bagi produk dan hasil karya keunggulan Pelaku UKM Warga Gresik, serta telah terkenal hingga ke luar negeri. Destinasi Wisata di Gresik itu seperti Setigi Desa Sekapuk, Wagos Desa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah, Delegan Panceng, Taman Mangrove Eko Wisata Desa Sukorejo Kebomas, Eko Wisata Mangrove dan Perahu Wisata Desa Randuboto Sidayu.

Kemudian ada juga Wisata Religi Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim, Kampung Kemasan Pekelingan Gresik, Danau Kastoba Sangkapura Kepulauan Bawean, Wisata Pulau Gili Bawean, dan masih banyak lagi. Maka ke depan dan segera, Wakil Bupati Gresik dan Pemerintahan Kabupaten Gresik, segara melakukan tahapan Program Bunda Puspa dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, sehingga warga kurang mampu dan Wilayah Desa maupun Kelurahan, segera bisa dimajukan melalui Produk Unggulan Pelaku UKM.(hsn)

Share and Enjoy !