Metrojatim.com

Informatif, Akurat dan Profesional

aneh

PDAM Surya Sembada

Aneh Tapi Nyata! Baru Seleksi Administrasi, 200 Pendaftar Dewas PDAM 22 yang Lolos

Surabaya, Metrojatim.com – Aneh tapi nyata, mungkin itulah padanan kata yang pas buat PDAM Surya Sembada Surabaya. Bagaimana tidak dari lebih 200 pendaftar, hanya 22 nama calon yang dinyatakan lolos oleh Panitia seleksi dalam tahapan seleksi administrasi sebagai calon anggota Dewan Pengawas (Dewas) PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Surya Sembada milik Pemkot Surabaya.

Hal ini, diakui “Aneh” oleh beberapa pihak. Pasalnya, untuk tahap seleksi administrasi tidak mungkin pendaftar tidak mengetahui persyaratan yang harus disiapkannya.

” Kalau tidak bisa memenuhi persyaratan, mereka (yang tidak lolos, red) pasti tidak akan mendaftar. Ini aneh,” ujar Ali Musyafak Basyir, Ketua Dewan Pelanggan PDAM Surabaya.

Ali Musyafak menambahkan, Keputusan panitia seleksi Dewan Pengawas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang tidak meloloskan peserta seleksi administrasi patut dipertanyakan. Karena seleksi administrasi itu sifatnya hanya verifikasi berkas saja, dan harusnya ada kesempatan kepada para pendaftar untuk melengkapi persyaratan administrasi bila dinilai ada yang kurang.

” Tidak benar kalau panitia seleksi langsung memutuskan hanya menerima 22 orang diantara 200 pendaftar untuk maju ke tahap seleksi berikutnya. Itu namanya bukan seleksi administrasi, tapi sudah tahap seleksi substansi,” ungkapnya.

Baca juga : Kekerasan ART, Anas Karno : Proses Hukum Harus Berjalan

Disisi yang sama, wakil Ketua Dewan Pelanggan PDAM Surabaya, Fery Suharyanto mengaku meskipun baru pada tahap-tahap awal, Ia melihat ada kejanggalan pada seleksi calon anggota Dewan Pengawas PDAM ini. Maka dari itu Wali Kota Surabaya harus segera mengambil tindakan sebelum persoalan semakin berlarut.

“Wali Kota Surabaya perlu membatalkan keputusan panitia seleksi itu dan mengulangi kembali seleksi administrasi itu mulai dari awal dengan benar, sesuai dengan Perda Nomor 13 Tahun 2014 tentang Perubahan Perda Nomor2 Tahun 2009 Tentang PDAM pasal 33, yang pada intinya menetapkan kriterias seorang yang bisa menjadi Dewas,” tegas Fery Suharyanto.

Sekedar diketahui, pro dan kontra proses seleksi DEWAS PDAM Surabaya yang dinilai janggal ini juga menjadi topik hangat dalam perbincangan WAG SOS (Surabaya Oh Surabaya) yang didalamnya terdapat banyak tokoh sentral Surabaya.

Adapun Kedua puluh dua nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi tersebut adalah Aminuddin, Dwi Hary Soeryadi, Anis Busroni, Kukuh Pranandana, Ratna Achjuningrum, Joko Suyono, Sunarno, Ade Sukma Yudhy, Bowo Djoko Marsono, Irsal Harahap, Achmad Kholid Moehajat, Sugihartoyo, Tatur Jauhari, Indrarini Tenrisau, Iewan Prasetya, Didik Untung Samsidi, Pian Sopian, Nurul Barizah, Aditya Wasita, Wawan Aries Widodo, Subekti dan Zaenal Fanani. (nw)

Share and Enjoy !