21 September 2021

Metrojatim.com

Suara Rakyat Metro

Kompetensi CPMI, Bupati Blitar Kunker Ke Kementrian Tenaga Kerja Bahas Pelatihan

1 min read
Kompetensi

BLITAR, METROJATIM.COM – Kompetensi kerja bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) melalui pendidikan dan pelatihan masih menjadi isu utama persoalan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). Utamanya dalam meningkatkan posisi tawar PMI di pasar kerja internasional.

Bupati Blitar Rini Syarifah melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Tenaga Kerja di Jakarta membahas tentang pelatihan calon pekerja migran sebelum berangkat ke luar negeri, Jumat (4/6/2021).

Pihaknya mengatakan bahwa pertemuan dengan Menteri meminta para pekerja migran sebelum berangkat untuk diberikan bekal atau semacam pelatihan supaya mereka menjadi terampil.

“Jadi, sebelum pekerja migran berangkat harus dibekali dengan pelatihan yang mampu meningkatkan kompetensi. Sehingga, para pekerja migran bisa bekerja sesuai bidang masing-masing lebih berkembang dan ketika pulang masih bisa dikembangkan di desa,”jelas Bupati yang akrab dipanggil Mak Rini.

Baca juga : Sebanyak 266 PMI Tiba Di Jawa Timur, Hasil Tes Swab negatif

Mak Rini menyebutkan bahwa Kabupaten Blitar selain kaya dengan hasil alam, juga menjadi salah satu daerah sebagai kantong pekerja migran di Indonesia. Sehingga, untuk menyikapi hal ini harus dilakukan dukungan kepada mereka agar kedepannya tidak terjadi permasalahan di tempat kerjanya.

”Kita harus memberikan perhatian kepada pekerja migran Indonesia khususnya di Kabupaten Blitar, mulai dari proses pendaftaran yang benar, pelatihan keahlian sampai pemberangkatan ke negara tujuan,”imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengapresiasi kepada Bupati Blitar karena telah peduli kepada pekerja migran. Selain itu, Ida juga akan memberikan dukungan terkait program-program pengembangan pelatihan untuk calon pekerja migran. (boy)

Share and Enjoy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *