HUT YM, Konggo KWAN SING TEE KOEN Ke 1858 - Arak 60 Patung - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 05 Agustus 2018

HUT YM, Konggo KWAN SING TEE KOEN Ke 1858 - Arak 60 Patung


Tuban, Metro Jatim;

Tempat Ibadah Tri Dharma Kwan Sing Bio dan Tjoe Ling Kiong Tuban, yang berada di Jl. RE.Martadinata Tuban, dan merupakan Klenteng atau tempat Ibadah Umat Agama Konghucu itu menghadap Tepat ke utara Laut Jawa ini akan menggelar gawe besar yaitu memperingati HUT Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen yang ke 1858.


Penasehat HUT YM.Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1858, Gunawan Putra Wirawan pada Wartawan, Sabtu, ( 04/08/2018 ).


menyampaikan Pengurus Klenteng dari berbagai Daerah di pastikan akan hadir pada HUT YM. Kongco Kwan Sing Tee Koen ini yang akan mengikuti Kirab 60 Patung Dewa/Kiem Sien dari klentengnya masing masing seperti dari Daerah Banyuwangi, Semarang, Madura, Lombok , Bogor, Palembang, Surabaya, Cikarang, Singkawang dan lainnya termasuk dari Negara tetangga seperti Malaysia, Singapore , Thailan. 
pada minggu, ( 05/08/2018 ) yang di mulai sekitar pukul 12.00 WIB hingga selesai yang mengambil rute dari Klenteng Kwan Sing Bio Tuban,  Jl.RE.Martadinata menuju Jl.P. Sudirman ke Jl.WR. Supratman lalu Jl. Basuki Rahmad terus ke Jl. Diponegoro dan kembali ke Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.


“ Yang mana sebelum kirab di mulai dalam rangka Hari Ulang Tahun atau lahirnya Yang Mulia Kwan Kong atau Kongco Kwan Sing Tee Koen yang merupakan Dewa Utama yang di sembah umat di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, pada pukul 11.00 WIB akan di laksanakan Upacara Sembahyang Bersama hingga pukul 12.00 WIB,” kata Gunawan di sela sela penyambutan kedatangan/penerimaan Kiem Sien dari luar kota. 


Ketua Koordinator Acara HUT. YM. 
Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1858, Alim Sugiantoro menjelaskan pada Wartawan, Sabtu, ( 04/08/2018 ) bahwa,” Karena besarnya Animo yang ingin mengikuti, sehingga panitia harus membatasi peserta, kita mempertimbangkan daya tampung di penginapan Klenteng ini sekitar 6.000 orang, sedangkan setiap  Patung Dewa/Kiem Sien akan di arak sekitar 100 - 200 Umat dari klenteng masing masing. sehingga ini bisa membuat Pembukuan Rekor peserta dengan jumlah terbanyak.


“ belum lagi antusias dari Umat Agama lain yang ingin mengikuti dan menyaksikan Kirab Patung Dewa/Kiem Sien yang bisa mencapai 25.000 , ini dapat di kategorikan untuk menunjukkan eratnya persaudaraan antar klenteng yang ada di seluruh Indonesia serta membaur dan menyatunya serta Sinerginya antara Budaya Klenteng dan Budaya Lokal,” Kata Alim Sugiantoro yang juga Penilik Demisioner Tempat Ibadah Tri Dharma Kwan Sing Bio Tuban. 


Sementara itu Budi Hartadi, pengurus Klenteng Tek Liong Tien Ronggo jampi Banyuwangi yang juga suami dari Linggawati Wijaya,  Ketua Pengurus Klenteng Tek Liong Tien Ronggo jampi Banyuwangi, bersama dengan rombongan yang berjumlah 80 orang ikut menghadiri HUT YM.Kongcu Kwan Sing Tee Koen ke 1858 di Tuban.


Saat di temui Wartawan menjelaskan Kita selalu menghadiri karena dengan begini kita akan kumpul buat Silaturahmi, kita membawa 3 Patung Dewa/Kiem Sien yaitu Chen Fu Chen Ten di kawal oleh Cou Fuk Fe di sebelah kanan dan Yoe Fuk Fe di sebelah kiri.


“Di sana itu ada 9 Klenteng yaitu di Ronggojampi, Banyuwangi, Besuki, Probolinggo, Nagara, Tabanan, Denpasar, Kute dan Lombok dan memuja Dewa yang sama yaitu Chen Fu Chen Ten di kawal oleh Cou Fuk Fe sebelah kanan dan Yoe Fuk Fe sebelah kiri.” papar Budi.


Sekedar di ketahui bahwa pada peringatan Hari Ulang Tahun Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen yang ke 1858 ini juga di meriahkan dengan Panggung Hiburan Spektakuler yang menampilkan artis Ibu Kota Jakarta, Bunga Citra Lestari / BCL dan Jessica dari Pekan baru, serta Excedio Dancer Group, dan juga selingan Lelang Kalung dan Kembang Api yang pelaksanaannya pada Sabtu, ( 04/08/2018 ), yang di mulai pada pukul 18.00 WIB sampai selesai. 

Reporter :margi/yon 
Editor     :Red

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini