Limbah Pabrik Mojopanggung Tulungagung Menyebabkan Pencemaran di Sungai dan Pencemaran Udara - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 23 September 2018

Limbah Pabrik Mojopanggung Tulungagung Menyebabkan Pencemaran di Sungai dan Pencemaran Udara

Pabrik Gula Mojopanggung

Tulungagung, Metro Jatim;

Pabrik Mojopanggung terletak di Desa Sidorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Pabrik Mojopanggung memproduksi penggilingan tebu dijadikan gula, pabrik Mojopanggung sendiri sudah berdiri sejak lama di Desa Sidorejo.

Akses jalan ke tempat pembuangan limbah Pabrik Mojopanggung

Dengan adanya pabrik Mojopanggung, terjadi pro dan kontra di masyarakat tentang pembuangan limbahnya. Limbah dari pabrik Mojopanggung dibuang langsung ke aliran sungai masyarakat Desa Sidorejo, Desa Panggungrejo, dan Desa Batangsaren Tulungagung.


Tim awak media Metro Jatim langsung meluncur ke lokasi sungai yang dialiri limbah pabrik Mojopanggung. Sesampainya di lokasi tercium bau tak sedap yang sangat menyengat sekali apalagi saat angin berhembus agak kencang maka baunya akan bertambah menyengat. Kami bertemu dengan dua warga yang rumahnya di sekitar sungai, Jamari dan Umar.

Jamari (kanan) dan Umar (kiri) selaku warga Ds. Batangseren yang terganggu limbah pabrik

Saat dikonfirmasi mengenai limbah tersebut, kedua warga itu mengatakan, "Udara dari sungai aliran limbah ini memang sangat bau sekali apalagi kalau malam dan siang, di sungai ini juga banyak sekali sampah yang dibuang di sungai ini," keluh mereka. Jamari dan Umar berharap semoga ada keperdulian dari fihak pabrik Mojopanggung, pihak Dinas Pengairan, Dinas Lingkungan Hidup, dan pihak kepala desa untuk mengatasi permasalahan ini.

Sungai di Desa Batangsaren yang tercemar oleh limbah Pabrik Mojopanggung

Pembuangan limbah ke sungai masyarakat melanggar Undang-Undang No. 32 Tahun 2009. Sampai diturunkannya berita ini semoga keluhan dari masyarakat diperhatikan dan ditindak lanjuti oleh dinas terkait. (Rahmad Irfani)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini