BUPATI HADIR, DANDIM 0821 PIMPIN UPACARA - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 17 Januari 2019

BUPATI HADIR, DANDIM 0821 PIMPIN UPACARA


Lumajang, Metro Jatim;

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML. (Cak Thoriq), bersama Wadanyonif 527/By, Mayor Inf. Yoyok Widiyanto, dan Wakapolres Lumajang, Kompol Budi Sulistiyanto, SH., menghadirii Upacara Bendera gabungan TNI, POLRI dan Pemerintah Kabupaten Lumajang, di lapangan sepak bola Pratu Natra Yonif 527/By, Jalan A. Yani No. 51 Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang, Kamis (17/1/2019) pagi.

Upacara tersebut, digelar secara rutin setiap tanggal 17. Pada upacara kali ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi, SE.

Dalam amanatnya, Komandan Kodim 0821 Kabupa Lumajang, membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang intinya menyampaikan, bahwa peran TNI harus mampu menjadikan perekat kemajemukan dalam menjaga kebhinekaan, karena TNI lahir dari rakyat untuk rakyat dan sebagai pejuang yang profesional setiap melaksanakan tugas dengan tulus ikhlas dalam mewujudkan rasa aman, nyaman dan tentram di masyarakat dengan memelihara kemampuan.

lebih jauh, Dandim 0821 menyampaikan, bahwa Pilkada serentak 2018 berhasil dilaksanakan dengan aman dan lancar. Hal itu,  tidak terlepas pada netralitas TNI dan sumbangsih 10.000 pengamanan dan 750.000 personel stanby. Pada 2018 juga menjadi pembuktian bahwa TNI mampu menyelenggarakan kegiatan berskala besar, di antaranya penanggulangan Bencana alam gempa Lombok dan Palu, PAM Asian Games ke 18, PAM IMF dan Latgab yang dapat meningkatkan Introperbelitas antar matra dalam penggunaan alutista.

Dijelaskan, bahwa pengembangan organisasi diberbagai wilayah NKRI, khususnya di wilayah Timur, perlu dilaksanakan untuk mendukung pemerintah dalam proses pembangunan dan menjaga kedaulatan negara.                    

TNI juga menjalankan misi kemanusiaan di Kab. Asmat Papua dan Suku Mauane. Sedangkan di Maluku dalam tahap pencarian dan penyelamatan.

Disisi lain, TNI mengatasi kelompok bersenjata di Kab. Nduga Papua. TNI juga melakukan misi perdamaian dunia yang menempati posisi ke 7 sebagai negara kontributor pasukan PBB dengan jumlah 41.810 orang sejak tahun 1957.

Dandim 0821 mengungkapkan, bahwa, 2019 merupakan tahun politik. Netralitas harus terus dijaga dengan berpedoman pada aturan yang sudah dicanangkan. Hal itu,  sebagai antisipasi TNI, agar pesta Demokrasi lima tahunan itu dapat berjalan lancar, aman dan sukses.


"TNI harus tetap bersatu dalam mengahadapi berbagai ancaman, diantaranya Terorisme, sparatisme, Radikalisme dan ancaman lintas Negara yang harus kita atasi bersama," tegasnya 

Reporter : Abd Halim, S.P.

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini