Panen Raya Padi Nusantara Satu Juta Hektar Di Kabupaten Jombang - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 27 Maret 2023

Panen Raya Padi Nusantara Satu Juta Hektar Di Kabupaten Jombang

 


Jombang, Metro Jatim;

Seluruh Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur pada Sabtu (11/3/2023) melaksanakan Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektar bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang hadir langsung di Ngawi.


Sementara itu di Kabupaten Jombang, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab melaksanakan Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektar di Desa Carangrejo Kecamatan Kesamben.


"Panen Raya Padi Nusantara hari ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Jombang, akan tetapi juga telah dilakukan serempak di 10 Provinsi dan 66 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang telah di awali pada (8/3) di Kabupaten Kebumen, dan hari ini Bapak Presiden Jokowi panen di Ngawi", tutur Bupati Mundjidah Wahab mengawali sambutannya.


"Syukur Alhamdulillah, hari ini kita juga bersama sama turut melakukan Panen Raya dalam rangka Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektar di Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben" lanjut Bupati Mundjidah usai melaksanakan panen padi. 


Selain melaksanakan santunan kepada anak yatim, pada kesempatan tersebut Bupati Mundjidah Wahab juga menyerahkan secara simbolis bantuan bahan pengendalian hama tikus kepada petani Desa Carangrejo.


"Kita patut bangga Kabupaten Jombang juga turut ambil bagian didalamnya. Kita sudah membuktikan Kabupaten Jombang adalah lumbung pangan nasional dan kita berharap negara kita bisa mandiri menyediakan pangan oleh para petani kita sendiri", tandasnya.


Bupati Mundjidah Wahab berharap produktivitas padi tahun ini jauh lebih tinggi. Sehingga para petani bisa menikmati harga yang lebih baik.


Untuk itu peran asosiasi komoditas yang telah dibentuk sebagai salah satu sarana untuk melakukan pembelian di tingkat petani diharapkan untuk lebih dioptimalkan, dengan didukung oleh para petugas yang ada di lapangan. Terlebih lagi tantangan yang dihadapi petani cukup besar dari adanya dampak perubahan iklim, potensi banjir saat musim hujan, serta potensi meningkatnya serangan hama penyakit tanaman dapat menjadi kendala bagi petani. Demikian juga dengan ketersediaan pupuk, serta kelangkaan ketersediaan BBM untuk alat mesin pertanian juga menjadi perhatian kita bersama, tambah Bupati Mundjidah Wahab.


Semua pihak terkait diharapkan untuk dapat mengkoordinasikan dengan baik, dengan terjun langsung ke lapangan, untuk dapat menemukan solusi apabila ada permasalahan yang dihadapi oleh para petani.



"Saya yakin tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya, sebagaimana firman Allah ; “Sesungguhnya bersama kesulitan selalu kemudahan,” tandas Bupati Mundjidah Wahab


Bupati berharap Panen Raya Nusantara tahun ini akan menjadi bukti pencapaian serta keberhasilan para petani, poktan-gapoktan, penyuluh dan seluruh pelaku usaha pertanian dari hulu hingga hilir yang telah berhasil meningkatkan produktivitas padi di Kabupaten Jombang Hasil panennya dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan petani dan juga membantu menyukseskan program ketahanan pangan di Indonesia.


Hadir perwakilan Forkopimda Kabupaten Jombang, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jombang, PT. Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) yang telah memberikan bentuk kepedulian kepada petani melalui CSR-nya dengan gerakan pengendalian hama tikus. PT. Tani Kaya, supplier alsintan (pendukung sarana budidaya Pertanian). PT. San Hyang Seri, Supplier benih unggul. PT. Telkom Indonesia, pendukung Jaringan Internet dalam peguatan Fungsi Kostra Tani dan Balai Penyuluh Pertanian. Kepala BPS Jombang, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang, Camat Kesamben dan Camat Sumobito, Forkopimcam, Kepala Desa Carangrejo dan Kepala Desa Kendalsari, para PPL dan petugas Pengendali Organisme Penganggu Tumbuhan (POPT) Kabupaten Jombang, para petani, para pengurus poktan-gapoktan setempat. (hsn)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini