Giat Sambut Hari Kemenangan Umat Islam Tahun 1444 H. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 26 April 2023

Giat Sambut Hari Kemenangan Umat Islam Tahun 1444 H.


Madiun, Metro Jatim;

Warga masyarakat RT 01, RT 02 RW 01 Kelurahan Krajan Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun sambut hari kemenangan Umat Islam Tahun 1444 Hijriyah dengan melakukan Takbir Keliling Lingkungan menggunakan sarana obor menandai berakhirnya Bulan Ramadhan sebagai Hari kemenangan, Sabtu, (22/4/2023).


Kemenangan Umat Islam atas Bulan Ramadhan ditandai dengan melaksanakan Sholat Idhul Fitri sebagai Momentum istimewa dan merupakan bagian dari ibadah yang punya banyak berkah dan tidak boleh ditinggalkan bagi orang yang mampu menjalankannya, hingga digambarkan sebagai kembalinya seseorang kepada keadaan suci (Fitrah) atau keterbebasan dari segala dosa.


Pelaksanaan Sholat Idhul Fitri Tahun 1444 Hijriyah digelar disepanjang Jalan Sawo didalam lingkungan Hunian hal ini sudah menjadi tradisi pelaksanaan Sholat Id Sebelumnya bahkan sebelum pandemi Covid-19, "Sebagai sunah Muakkadah atau Sholat yang dianjurkan, karena Nabi Muhammad SAW juga melakukan Sholat Id dilapangan kecuali karena ada hujan atau penghalang lainnya," ujar Ketua Panitia Sholat Id, Suwarjo.


Masih kata ketua Panitia pelaksana Sholat Id, Suwarjo, "Pelaksanaan Sholat Idul Fitri Tahun 1444 Hijriyah kali ini bertindak sebagai Imam, H. Jamil, petugas Bilal, Hamid sedangkan Khotib oleh Drs. Muhammad Saleh Krisman," ujarnya.



Didalam khotbah yang dibacakan Khotib, Drs.Muhammad Saleh Krisman menyampaikan Hadis Riwayat Bukhori dan Lan Daruquthni yang diterjemahkan dalam bahasa Jawa "Rosullulloh Muhammad SAW, majibake Zakat Fitrah lan Rosullulloh Ngendiko : Podho nyukupono Siro Kabeh ing fakir miskin (Wongkang anduweni hak Nompo zakat) ing dalem Dino iki (Riyoyo)."  Hadis ini mengingatkan untuk kita semua agar punya belas kasihan, kepekaan terhadap lingkungan dan kepedulian sosial.


Seusai sholat Idhul Fitri dilanjutkan acara Halal Bihalal dan makan bersama, dikandung maksud agar terjalin keakraban antar warga  maupun dengan warga pemudik. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini