Kirab Pataka Jerbasuki Mawa Beya Tiba di Jombang, Disambut Suka Cita - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 06 Oktober 2023

Kirab Pataka Jerbasuki Mawa Beya Tiba di Jombang, Disambut Suka Cita

 


Jombang, Metro Jatim;

Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur yang di Kirab keliling estafet 38 Kabupaten atau Kota se-Jawa Timur, tiba di Kabupaten Jombang pada Rabu (4/10/2023) pagi, setelah dari Kabupaten Nganjuk.


Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya yang melintas di Kabupaten Jombang disambut suka cita oleh seluruh unsur masyarakat dengan  penuh optimisme, adanya kolaborasi kelompok pawai mulai dari TNI, Polri Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, semuanya menyambut antusias termasuk pelajar disepanjang rute yang dilalui mulai dari depan Masjid Muldoko Bandarkedungmulyo hingga memasuki Pendopo Kabupaten Jombang.


Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya semakin semarak dengan adanya  Drumband, Ishari, Tari Remo dibawakan ratusan siswa mulai dari Pertigaan Kejaksaan Negeri Jombang hingga memasuki Pendopo Kabupaten Jombang.


Tiba di Pendopo Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Kabupaten Nganjuk diserahkan kepada Pj Bupati Jombang Sugiat, S.Sos, M.Psi. T. Juga diserahkan Ripta Prasasti yang dibacakan oleh PJ Bupati Jombang.


Selanjutnya Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Kabupaten Jombang akan dikirab dan diserahkan langsung Ke Kota Batu.


Tema peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur tahun 2023, yaitu Optimis Jatim Bangkit, Terus Melaju. Tema tersebut merefleksikan semangat dan tekad Jatim untuk bangkit dalam pembangunan di berbagai bidang yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.


Seluruh Forkopimda Kabupaten Jombang, Sekdakab Jombang Agus Purnomo, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Purwanto, serta segenap Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang hadir menyambut dan mengikuti upacara serah terima Pataka Jer Basuki Mawa Beya.


"Pemberangkatan Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur Provinsi Jawa Timur. Jombang adalah bagian dari Jawa Timur, dan menjadi  wilayah yang dilewati kirab Bendera Pataka untuk memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke 78. Tentu kita berharap dengan Kirab dan adanya ikatan satu kesatuan masyarakat Jawa Timur ini akan membangkitkan seluruh sektor pembangunan dan mampu mengatasi segala persoalan secara bersama, terintegrasi, kolaborasi, sinergi ", tutur Sugiat Pj Bupati Jombang.


"Saya berharap kita bisa kembali menyatukan komitmen kebersamaan dalam membangun Jawa Timur, karena dengan komitmen bersama roda pembangunan dan perekonomian di Jawa Timur bisa berjalan lancar khususnya di Kabupaten Jombang. Oleh sebab itu saya meminta sinergi dan kolaborasi yang di bangun oleh semua pihak dengan berbagai instansi, sehingga mampu memberikan pemahaman bagi masyarakat luas," tandasnya.


Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya ke seluruh Kabupaten atau Kota se-Jawa Timur sekaligus untuk membangun sinergi antar Pemerintah Kabupaten atau Kota di Jawa Timur, hal ini sesuai dengan motto dari Provinsi Jawa Timur yaitu Optimis Jatim Bangkit dan Terus Melaju.


"Sinergitas harus tetap dilaksanakan antara pemerintah Kabupaten, karena tidak mungkin untuk membangun Jawa Timur lebih maju oleh masing- masing Kabupaten. Khususnya untuk Lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang sendiri harus bersinergi, sekaligus melalui Kirab Bendera Pataka ini diharapakan masyarakat tahu bahwa pemerintah mempunyai program sinergi melalui Jer Basuki Mawa Beya. Semoga Kirab Bendera Pataka sukses, lancar dan bisa membawa misi kebangkitan ekonomi, sosial dan budaya bersama-sama," pungkasnya.


Bendera yang turut dikira keliling ke 38 Kabupaten /Kota terdiri dari Bendera Merah Putih, Bendera lambang Jawa Timur Jer Basuki Mawa Beya, Bendera lambang Satpol PP Praja Wibawa, Bendera lambang Perlindungan Masyarakat, Bendera lambang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Yudha Brama Jaya serta Bendera lambang Hari Jadi Ke 78 Provinsi Jawa Timur.


Usai Diberangkatkan oleh Pj. Bupati Jombang dari Pendopo Kabupaten Jombang selanjutnya Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dikirab melintasi Jl. KH. Hasyim Asy'ari - Cukir - Blimbing - Pulorejo - Ngoro - lanjut ke Kota Batu yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Jombang, Drs Purwanto MKP bersama Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jombang Thonsom Pranggono, ke Kota Batu.(Hasan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini