MGMP Bahasa Jawa SMP Gelar Workshop Penguatan Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Kearifan Lokal Dalam - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 19 Februari 2024

MGMP Bahasa Jawa SMP Gelar Workshop Penguatan Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Kearifan Lokal Dalam


Jombang, Metro Jatim;

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) k Jawa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gelar Workshop Penguatan Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Reksa Basa Untuk Generasi Z.


Workshop yang digelar di Aula 1 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang dijadwalkan selama 4 kali pertemuan, yakni tanggal 12, 19, 26 Januari dan 2 Februari 2024.


Senen Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang dalam sambutanya dihari pertama (12/1) sangat mengapresiasi workshop yang dilaksanakan oleh MGMP Bahasa Jawa SMP, karena workshop ini sangat mendukung kurikulum merdeka dengan mengedepankan kearifan lokal. MGMP Bahasa Jawa SMP juga sudah membuat buku bahan ajar sendiri untuk siswa, itu sangat bagus karena bisa sesuai dengan budaya Kabupaten Jombang.


“Penjenengan juga harus mengikuti perkembangan zaman untuk pembelajarannya, agar anak-anak bisa tertarik, harus berbasis IT,” ucapnya. 


Sementara itu Nur Kolis Pembina MGMP Bahasa Jawa SMP mengatakan bahwa MGMP ini merupakan wadah belajar serta berkolaborasi bagi guru negeri maupun swasta. Ia juga berharap agar partisipasi anggota terus ditingkatkan.


"Monggo kito gunaaken buku engkang sampun wonten niku, proses pembuatannya sangat panjang. Saya yakin buku itu baik, karena mengandung unsur kearifan lokal," ucapnya.


Materi yang disampaikan juga sepenuhnya merupakan kearifan lokal Kabupaten Jombang diantaranya Campursari, Besutan, Sandur Manduro dan Jual-Juli. (dky)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini