Peduli Kearifan Lokal, CV. Putra Punden Corp Ikut Lestarikan Budaya dan Kesenian Tradisional - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 27 April 2018

Peduli Kearifan Lokal, CV. Putra Punden Corp Ikut Lestarikan Budaya dan Kesenian Tradisional


Nganjuk, Suarajatim.net - Kepedulian CV. Putra Punden Corp terhadap masyarakat tak hanya pada bidang ekonomi kerakyatan saja. Namun, kepedulian perusahaan pimpinan Sunariyono ini terhadap kearifan lokal, seperti pelestarian budaya dan kesenian tradisional pun terlihat.

Seperti halnya yang dilakukan pada kesempatan kali ini, CV. Putra Punden Corp bersama Putra Nasdem Kabupaten Nganjuk dan ratusan warga Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen menggelar bersih desa atau ruwat desa. Tradisi ini kerap digelar sebagai wujud syukur warga terhadap bumi (desa) yang ditempati.

Pimpinan CV. Putra Punden Corp, Sunariyono mengatakan keterlibatan perusahaan dan komunitas yang di pimpinnya di tradisi masyarakat lokal ini sebagai bukti terhadap kearifan lokal masyarakat setempat seperti pelestarian budaya dan kesenian tradisional.

"Ini bukti bila kami peduli terhadap budaya lokal. Seperti yang kami lakukan di Desa Lumpang Kuwik ini, kami bersama warga melakukan bersih desa, bakti sosial dan sore harinya kami pun menggelar kesenian tayub dan campursari," papar pria yang akrab di sapa Pak Yono itu, Jum'at (27 April 2018).


Dalam bersih desa yang digelar di Punden desa setempat itu, ungkap Pak Yono, warga membuat gunungan tumpengan terdiri dari buah, sayuran, palawija, dan kesemuanya hasil bumi. Tak tanggung-tanggung ada sekitar ratusan tumpengan kecil yang disajikan.

"Setiap warga membawa 1 buah tumpeng. Ini bukti bila warga peduli terhadap budayanya dan ini yang kami dukung penuh," ujarnya.

Setibanya di Punden, gunungan tumpeng ini digelar dan didoakan terlebih dahulu sebelum diserbu ratusan warga yang telah menanti.

Sunariyono juga mengatakan, tradisi seperti bersih desa ini mengajarkan kepada generasi muda tentang pentingnya menghormati alam yang diwujudkan dalam tumpengan yang berisi hasil bumi.

Selain itu, keterlibatan CV. Putra Punden Corp dan Putra Nasdem Nganjuk inipun sekaligus untuk memperkenalkan pada masyarakat luas bahwa perusahaan maupun komunitasnya peduli terhadap kebudayaan dan kesenian tradisional.


"Antusias warga sangat luar biasa. Melihat kegembiraan warga, kami pun merasa senang," pungkasnya. (Komarudin)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini