MENJAJAGI POTENSI WISATA BERSAMA WALHI - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 30 Oktober 2018

MENJAJAGI POTENSI WISATA BERSAMA WALHI


Lumajang, Metro Jatim;
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., beraudensi dengan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Kabupaten Lumajang, di ruang Mahameru Kantor Bupati,  Selasa (30/10/2018) siang.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang, yang akrab disapa Cak Thoriq, menyampaikan, bahwa yang harus dimaksimalkan dari Pesisir Selatan, adalah dari sektor Pariwisata diantara potensi yang ada di Kabupaten Lumajang. Tetapi dalam dunia pariwisata tidak mungkin hanya bertumpu pada APBD Kabupaten Lumajang. Untuk tata kelola Pesisir Selatan menjadi wisata adalah dengan cara menggabungkan antara kondisi masyarakat lokal dengan kondisi alamnya. 


"Fasilitas pariwisatanya dibenahi, dengan menggunakan jejaring dunia investasi, membuat tempat yang seindah mungkin, dengan masyarakat yang menjadi tatakelola pariwisatanya," tutur Cak Thoriq.


Cak Thoriq mengatakan, "Saya berharap di pesisir selatan tidak hanya terkenal dari tambang pasirnya saja, namun harus bisa dikembangkan menjadi kawasan pariwisata. Seperti halnya di kawasan Watu Pecak itu, harus dibuat semenarik mungkin, sehingga jejaring dunia usaha bisa hadir, dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.


Sementara itu, anggota WALHI, Rosyid, mengatakan, bahwa pengembangan potensi yang ada di desa bersama perempuan, dulu fokus di pengembangan pariwisata. Tata kelola wisata harus dapat dimaksimalkan dengan baik, dengan mengangkat khas Lumajang, khususnya sejarah Selok Awar-Awar, seperti sayur komak ataupun lobster saat musim. Itu bisa dikembangkan menjadi ciri khas Selok Awar-Awar. Dijelaskan juga, selain perempuan, laki-laki juga berperan menambah nilai ekonomi dengan melakukan penghijauan di wilayah pesisir, misalnya dengan bercocok tanam.


"Dulu pernah membuat olahan komak di Kecamatan, namun tidak ada respon yang bagus ketika ada kegiatan. Kami bersama teman-teman akan konsisten untuk membuat usaha komak menjadi kegiatan ekonomi alternatif. Saya Mohon dari pemerintah memberikan wadah untuk memajukan usaha kami," harapnya 

Reporter: Abd halim sp

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini