Normalisasi Saluran Irigasi, Personel Koramil 0821/01 Lumajang Karya Bakti Bersama Warga - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 06 Oktober 2018

Normalisasi Saluran Irigasi, Personel Koramil 0821/01 Lumajang Karya Bakti Bersama Warga


Lumajang, Metro Jatim;

Menunjang kelancaran sarana pengairan lahan bagi para petani, personel Koramil 0821/01 Lumajang melaksanakan karya bakti dalam rangka menormalisasi saluran irigasi yang ada di wilayah RT 03 RW 09 Dusun Suko Kelurahan Rogotrunan kecamatan Kota Lumajang, Sabtu (6/10/2018).


Mewakili Danramil, Peltu M. Sifak Bati Tuud Koramil 0821/01 Lumajang mengatakan, "Kegiatan karya bakti bersama dengan para warga sebagai upaya untuk menormalisasi saluran irigasi yang ada di wilayah Dusun Suko dengan mengadakan pengerukan pada dasar saluran yang saat ini sudah mengalami pendangkalan oleh lumpur," ujarnya.


Lebih lanjut ia juga menjelaskan, "Normalisasi yang kita lakukan pada saat ini sebagai wujud kepedulian terhadap para petani untuk dapat meningkatkan produksi panen yang diharapkan meski cuaca saat ini sudah jarang turun hujan," terang Peltu Sifak. 


"Selain memberikan kelancaran terhadap sarana pengairan bagi para petani,  upaya ini juga sebagai persiapan dalam menghadapi musim hujan mendatang, kondisi saluran irigasi sudah dalam kondisi normal untuk dapat menampung air dan dapat berfungsi dengan maksimal," harapnya. 


Sementara Imam selaku Ketua HIPPA setempat juga menambahkan, "Saluran irigasi yang saat ini kita laksanakan normalisasi  merupakan sarana vital yang saat ini sangat dibutuhkan oleh para petani mengingat cuaca sangat panas dan jarang terjadi hujan sehingga saluran irigasi merupakan satu-satunya yang bisa digunakan," jelasnya. 



"Selain dapat memberikan manfaat bagi para petani di wilayah dusun Suko,  saluran irigasi ini juga memberikan manfaat bagi para warga petani di wilayah desa Boreng dan Blukon kecamatan Lumajang untuk mendistribusikan pengairan di area lahan persawahan mereka," tambah Imam.



"Semoga dengan normalisasi yang kita lakukan saat ini dapat memberikan manfaat sebagai upaya untuk dapat meningkatkan produksi panen bagi masyarakat guna mewujudkan kesejahteraannya dan program ketahanan pangan nasional yang sudah dicanangkan oleh pemerintah dapat tercapai sesuai dengan harapan," pungkasnya.

Reporter:Abd halim sp

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini