Peduli Home Industri Di Wilayah, Babinsa Gondoruso Berikan Motivasi Pembuat Gula Kelapa - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 25 Oktober 2018

Peduli Home Industri Di Wilayah, Babinsa Gondoruso Berikan Motivasi Pembuat Gula Kelapa


Lumajang, Metro Jatim;

Melihat potensi wilayah yang memiliki harapan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan produksi gula merah berbahan dasar dari nira pohon kelapa, Babinsa Gondoruso Koramil 0821/08 Pasirian Sertu Edi Bambang memberikan motivasi kepada para warga yang tergabung dalam paguyuban Kelompok Tani pembuat gula kelapa yang ada di wilayah RT. 01 RW. 05 Dsn. Kaliwelang Desa Gondoruso Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Kamis (25/10/2018).


Sejak menjabat sebagai Babinsa Gondoruso 2 tahun silam, pria yang akrab dipanggil oleh warga dengan nama panggilan "Pak Bambang" selalu aktif berada di wilayah yang menjadi tanggungjawabnya untuk memonitor wilayah dan memberikan pembinaan terhadap warga dengan potensi yang dimilikinya. 


Ditemui di salah satu rumah warga yang memproses pembuatan gula kelapa, ia menuturkan, "Melihat potensi Dusun Kaliwelang yang memiliki harapan untuk dapat mengembangkan usaha tersebut saya berupaya memberikan motivasi kepada para petani penderes nira yang mayoritas terdiri dari para pemuda agar lebih ditekuni kembali karena usaha tersebut kalau dibina secara terarah bisa menjadi lebih maju dengan pesat,"  tuturnya.


Ia juga beralasan, "Dengan adanya pembinaan yang dilakukan dapat menghindarkan para pemuda dari kenakalan karena ada kesibukan dan pekerjaan serta mereka memiliki penghasilan dari usaha tersebut sehingga mereka juga tidak menganggur yang dapat menyebabkan kenakalan dengan bertindak mengarah kepada hal negatif," tandas Sertu Bambang. 


Lebih lanjut ia juga menyatakan akan selalu siap untuk membantu dan mendorong pertumbuhan usaha yang saat ini sudah mengalami perkembangan di wilayah Dusun Kaliwelang, "Demi mewujudkan peningkatan taraf kehidupan masyarakat, saya akan berupaya menjadi motivator bagi mereka agar pertumbuhan ekonomi warga akan bertambah menjadi lebih meningkat", tegasnya. 


Sementara Sugiono (54) yang menjadi ketua paguyuban kelompok tani Mangun Karyo juga menambahkan, "Sejak keberadaan pak Bambang menjabat sebagai Babinsa Gondoruso 2 tahun yang lalu, usaha pembuatan gula kelapa menjadi lebih berkembang dan mengalami peningkatan produksi serta para petaninya semakin bertambah banyak terutama dari kalangan muda," ungkapnya. 


"Apa yang sudah dilakukan oleh Babinsa sampai dengan saat ini sudah menunjukkan bukti kemajuan dan peningkatan usaha pembuatan gula merah, dengan ketekunan dan keuletannya Babinsa selalu hadir ditengah para petani penderes nira setiap hari, bahkan malampun beliaunya tak segan untuk hadir ditengah-tengah kami untuk memberikan arahan dan penyemangat dalam mengembangkan usaha," terang Sugiono. 


Pria yang pernah menjabat sebagai Kasun Kaliwelang selama 10 tahun juga berharap, "Mudah-mudahan dengan pembinaan dan arahan serta motivasi dari Babinsa usaha kami menjadi lebih maju berkembang dengan pesat yang tentunya semua itu harus dilandasi dengan tekad, semangat dan kemajuan kerja keras bersama untuk mencapai tujuan tersebut," pungkasnya.

Reporter: Abd halim sp

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini