Menjelang Tahun Baru, Tim Gabungan Pengaman Sidak di Pelabuhan Ketapang - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 20 Desember 2019

Menjelang Tahun Baru, Tim Gabungan Pengaman Sidak di Pelabuhan Ketapang


Banyuwangi, Metro Jatim;

Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin bersama Komandan Kodim 0825 Letkol Inf Jadi dan Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal memeriksa kondisi sejumlah armada kapal Ferry yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang.

Tim Gabungan Pengamanan Natal dan Tahun Baru untuk wilayah Banyuwangi, Jawa Timur menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pelabuhan Ketapang. Diketahui, sidak ini bertujuan untuk memastikan penyebarangan dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk berjalan lancar selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Pelabuhan Ketapang ini menjadi salah satu titik vital pergerakan masa saat liburan Natal dan Tahun Baru. Untuk itu, selain memperketat pengamanan, kita juga harus pastikan kondisi kapal penyebrangan dalam keadaan baik serta layak jalan. Sehingga masyarakat yang ingin bepergian ke Bali dipastikan aman dan nyaman,” Kata Kapolresta Banyuwangi, pada Kamis (19/12/2019) kemarin.

Selain memeriksa kondisi kapal yang berada di pelabuhan penyebrangan Ketapang, kata Kapolresta, pihaknya juga sudah menggelar pasukan pengamanan yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengamankan titik vital pergerakan masa.

“Ada  sekitar 1.850 personil keamanan, gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas pendukung lainnya beserta organisasi masyarakat, yang akan terlibat langsung untuk turut memantau mengamankan aktivitas  pergerakan masa yang menikmati malam pergantian Tahun Baru,” Tugasnya.

Petugas keamanan tersebut nantinya akan menjaga titik-titik vital seperti jalur black spot (rawan kecelakaan), pusat keramaian, serta titik kepadatan kendaraan khususnya di Pelabuhan. “Kita juga libatkan satuan khusus Brimob, untuk mengantisipasi terjadinya aksi terorisme dan radikalisme,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ketapang, Agus W menyampaikan, ada 56 unit kapal Ferry yang melayani penyebrangan Ketapang-Gilimanuk PP selama Tahun Baru Seluruh armada kapal sudah dilakukan ramp chek sehingga dipastikan layak laut.

“Sebulan yang lalu sudah kita ramp chek. Untuk kekurangan yang sifatnya minor, kita sudah minta operator kapal untuk segera membenahi. Termasuk kelengkapan yang kurang kita minta agar dilengkapi,” pungkasnya. (Agus Salim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini