2000 Orang Lansia Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun Jalani Vaksinasi Covid-19 Jenis Astra Zeneca Tahap Pertama - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 21 Mei 2021

2000 Orang Lansia Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun Jalani Vaksinasi Covid-19 Jenis Astra Zeneca Tahap Pertama



Madiun, Metro Jatim;

Sesuai jadwal program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk wilayah Kecamatan Saradan Desa Sugihwaras mendapat giliran pertama, dimana pelaksanaannya dilangsungkan di Balai Desa Sugih Waras. Mulai tanggal 20 Mei s/d 07 Juni 2021 dengan target vaksinasi 150 orang perhari.


Menurut keterangan Kepala Desa Sugih Waras Eko Sudarsono, "Desa Sugihwaras mendapat jatah sekitar 2000 dosis vaksin jenis Astra Zeneca, dari jumlah tersebut akan diprioritaskan bagi warga Lanjut Usia (Lansia) tahap pertama sesuai petunjuk pelaksanaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun," tuturnya.


"Sebelum pelaksanaan Vaksinasi terlebih dahulu perangkat desa melakukan sosialisasi dengan cara pemberitahuan dan himbauan serta ajakan kepada masyarakat agar turut andil dalam Vaksinasi Covid-19 ke dusun-dusun wilayah Desa Sugihwaras dengan menggunakan mobil keliling maupun melalui surat edaran dari Kepala Desa kepada masing-masing ketua RT setempat," lanjutnya.



Masyarakat Desa Sugihwaras sangat menyambut baik dan bersemangat untuk menerima Vaksinasi Covid-19 ini, hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang hadir pada pelaksanaan vaksinasi dihari pertama.


dr. Heri sebagai Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Saradan beserta anggotanya yang diberi tugas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun dalam rangka melaksanakan Vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Sugihwaras menyampaikan kepada media, "Memang Desa Sugihwaras telah mendapat prioritas pertama untuk wilayah Kecamatan Saradan dalam melaksanakan Vaksinasi Covid-19 bagi warga Lanjut usia (Lansia)," tuturnya.


"Mengingat Pandemi Covid-19 belum berakhir hingga saat ini, bahkan jumlah kasus terkonfirmasi masih cukup tinggi, dengan demikian tujuan utama Vaksinasi ini untuk merangsang system kekebalan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh dengan harapan dapat mengurangi resiko terjadinya penularan bahkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19, disamping pencegahan melalui tindakan 5 M," ungkapnya.

Sedangkan alur prosedur pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi lansia harus disesuaikan dengan ketentuan dan petunjuk yang sudah ada, diantaranya Meja 1 untuk pendaftaran dan pendataan dengan cukup menunjukkan KTP, meja 2 untuk Skrining dengan melakukan wawancara mengenai kondisi kesehatan dan Skrining kerentaan bila dinyatakan layak maka Vaksinasi bisa dilaksanakan, selanjutnya adalah pengawasan selama 30 menit untuk melihat adanya reaksi/keluhan/gejala seusai divaksinasi dan kesempatan terakhir adalah penyerahan kartu Vaksinasi tahap kesatu kepada peserta Vaksinasi.


"Disamping itu Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan saat ini untuk percepatan target Nasional juga sekaligus untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19 bagi Lansia sehingga Indonesia dapat segera pulih dan bangkit dari Pandemi," tutupnya. (S. Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini