PROGRAM AIR MINUM DARI DINAS PERKIM DI DESA MLANCU SANGAT BERMANFAAT BAGI WARGA - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 10 Juni 2021

PROGRAM AIR MINUM DARI DINAS PERKIM DI DESA MLANCU SANGAT BERMANFAAT BAGI WARGA


Kediri, Metro Jatim;

Mlancu adalah desa yang berada di Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, Jawa Timur Indonesia. Secara letaknya, Desa Mlancu berbatasan dengan Kecamatan Kasembon dan Kecamatan Kepung. Desa yang terletak di dataran tinggi dan berudara dingin ini mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, pedagang, peternak dan swasta. Pada sumber daya alam memiliki potensi yang baik terutama di sektor Pertanian dan Perkebunan, yang mana terdapat banyak hasil bumi seperti padi, jagung, cengkeh, durian, alpukat, palawija dan lain-lain. Pada sektor peternakan terdapat potensi yang baik seperti sapi perah, kambing dan sebagainya. Namun dibalik kemajuan desa ini telah menyimpan permasalahan yang terpendam cukup lama, yaitu masalah air minum aman.


Air minum adalah sumber kehidupan yang keberadaannya tidak bisa diganti dengan apapun sampai kapanpun untuk generasi kemarin, besok atau sekarang. Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri selama ini telah mengalami persoalan air terutama dari sisi kualitas dan kuantitas di Dusun Mlancu khususnya. Dalam kurun waktu yang sekian lama masyarakat Mlancu menggunakan air seadanya yang diambil dari lingkungan persawahan yang di prediksi masih banyak tercemari oleh limbah pertanian dan pestisida. Upaya pemerintahan desa untuk mengajukan program air bersih merupakan langkah yang tepat dalam kerangka mengatasi krisis air minum yang sehat.


Sekarang air sangat melimpah dan kebutuhan masyarakat akan air bisa terpenuhi secara maksimal berkat bantuan program pipanisasi dari pemerintah daerah Kabupaten kediri melalui Dinas Perkim. Upaya pemerintah daerah Kabupaten Kediri dalam penanganan air minum melalui Dinas Perkim merupakan bentuk komitmen yang tinggi dan perhatiannya kepada masyarakat tentang pentingnya air minum bagi masyarakat. Program pipanisasi dari Perkim Kabupaten Kediri yang berada di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan sangat bermanfaat bagi masyarakat.


Pada tahun 2021 ini Dinas Perkim sudah merencanakan ada 16 desa sasaran yang akan mendapat program bantuan peningkatan kualitas dalam bidang Air minum yang bersumber dari DAU dan DAK, harapannya dengan program ini selain kebutuhan akan air minum masyarakat terpenuhi juga bisa meningkatkan derajat kesehatan bagi warga Kabupaten Kediri. (Al)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini