Pupuk Rasa Persatuan Lewat Kirab Budaya. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 13 Agustus 2022

Pupuk Rasa Persatuan Lewat Kirab Budaya.


Madiun, Metro Jatim;

Pelaksanaan Kirab budaya yang digelar oleh pemerintahan Desa  Darmorejo bersama warga masyarakat Desa Darmorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun telah mendapat apresiasi dan sambutan yang luar biasa oleh warganya sendiri  maupun warga sekitarnya, Kamis (11/08/2022).


Gelar kirab budaya yang dilaksanakan merupakan bagian dari rangkaian acara bersih desa atau nyadran yang telah diagendakan lewat musyawarah sebelumnya, hal ini dimaksudkan agar acara ini  lebih meriah dan tidak mengurangi makna bersih desa itu sendiri, sekaligus juga merayakan dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI KE 77.

Teriknya matahari tidak membuat surutnya antusias warga masyarakat terhadap acara kirab budaya tersebut, hal ini terlihat sangat jelas, dimana sebelum acara dimulai warga sudah berduyun-duyun mendatangi tempat berkumpulnya peserta kirab untuk start pemberangkatan dari halaman SDN 2 Darmorejo menuju ke pendopo kantor Desa Darmorejo.


Menurut keterangan dari Kepala Desa Darmorejo Hirnanto yang didampingi Istri, ketika dikonfirmasi ditempat gelar, "Acara gelar kirab budaya ini memang belum pernah dilaksanakan pada kesempatan acara bersih desa sebelumnya, namun sekarang setelah saya menjabat Kepala Desa Darmorejo yang baru, saya berusaha untuk membuat acara ini lebih meriah namun tidak mengurangi makna maupun kesakralannya, bahkan boleh dikata lewat momentum kirab budaya ini bisa meningkatkan rasa kebersamaan, sebab dengan rasa kebersamaan itulah saya berharap semua masalah didesa mudah teratasi juga menjadi perekat persatuan masyarakat Desa Darmorejo sendiri," tuturnya.


Sebagai tanda purnanya serangkaian acara bersih desa atau nyadran adalah gebyar pagelaran wayang kulit semalam suntuk  dengan Ki Dalang Cahyo Kuntadi dari Solo, yang dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Madiun Mujono. MSI, pejabat Muspika Kecamatan Mejayan, Kepala Desa Darmorejo Hirnanto bersama Istri dan Staf, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan segenap Masyarakat. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini