Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kota Kediri Terus Berupaya Laksanakan Pemeliharaan dan Rehabilitasi di beberapa Crossing Saluran Drainase - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 02 Oktober 2022

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kota Kediri Terus Berupaya Laksanakan Pemeliharaan dan Rehabilitasi di beberapa Crossing Saluran Drainase

Perbaikan Crossing Rehabilitasi Drainase di jln. Sultan Agung.

Kediri, metrojatim.id;

Dalam rangka penanggulangan banjir dan genangan air di sejumlah ruas jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kediri terus berupaya melaksanakan pemeliharaan dan rehabilitasi di beberapa jumlah saluran drainase salah satunya dengan perbaikan saluran crossing saluran drainase di lokasi jl.Sultan Agung. 


Hal  ini dilakukan agar saluran dapat terkoneksi secara langsung dari sisi saluran ke sisi lainnya yang menghubungkan ke saluran utama. 


Pantauan Wartawan metrojatim.id, kemarin akses sepanjang Jl Sultan Agung ditutup total.  Alat berat telah ada di lokasi. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kediri Endang Kartika melalui Kabid Bina Marga I Made Dwi Permana di Ruang kerjanya mengungkapkan, beberapa titik drainase yang langganan banjir memang diperbaiki. Sebab, saat hujan turun deras sering muncul genangan. “Memang ada titik yang baru dimulai, seperti Jl Sultan Agung,” paparnya.


Menurut Made, perbaikan dengan cara memperbesar dimensi. Tujuannya, agar daya tampung air lebih besar dan salurannya lebih lancar. Untuk drainase di jln. Sultan Agung berukuran 3 x 3 m, Total ada 14 titik drainase diperbaiki. Beberapa sudah tuntas, seperti di Jl Kyai Mojo, Jl Gunungsari, Jl Balekambang, Burengan RW 5, dan Jl Adi Sucipto.

I Made Dwi Permana Kabid Bina Marga  PUPR Kota Kediri.


Perbaikan dilakukan bertahap. Setidaknya, perbaikan drainase ini bisa mengurangi genangan di musim hujan,” jelasnya. Anggaran perbaikan drainase ini dari APBD.


Masing-masing titik menggunakan anggaran tak sama nilainya. Made mencontohkan perbaikan saluran Jl Sultan Agung membutuhkan dana Rp 200 juta. Bergantung pada lebar kondisi drainase yang diperbaiki. PUPR menargetkan perbaikan drainase di jln Sultan Agung selesai awal Oktober. 


Harapan Made, untuk masyarakat kususnya kota Kediri, bila perbaikan drainase telah selesai, agar tiadak membuang sampah sembarangan di dalam selokan-selokan yang dapat menyumbat aluran air dan dapat mengakibatkan banjir. 'Ujarnya. (Fran)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini