Dinas PUPR Kota Kediri Percepat Pembangunan Drainase, Antisipasi Genangan Air. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 16 Desember 2022

Dinas PUPR Kota Kediri Percepat Pembangunan Drainase, Antisipasi Genangan Air.


Kediri, Metro Jatim;

Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kediri terus melakukan perbaikan saluran air atau drainase. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di beberapa titik rawan saat memasuki musim hujan.


Kepala Dinas PUPR Kota Kediri  Endang Kartikasari, S.T, M.M melalui Kabid Bina Marga, I Made Dwi Permana, mengatakan, Pelebaran dan pendalaman drainase dilakukan di 13 lokasi dan difokuskan untuk kawasan Kelurahan Kaliombo serta Jalan Patimura. 


“Dari 13 lokasi dua titik itu dinilai paling urgen, artinya saat hujan deras dua titik itu lebih memungkinkan terjadinya genangan air, terang I Made, Kamis (15/12/2022).


I Made menyebutkan, selain di dua titik tersebut, perbaikan drainase juga dilakukan diantaranya sejumlah wilayah kelurahan, diantaranya Semampir, Banaran, Burengan, Tinalan, Banjaran dan Campurejo. “Perbaikan dilakukan dengan cara memperlebar dan mengeruk endapan saluran air,” ujarnya.


I Made mengungkapkan bahwa progres perbaikan drainase di sebagian besar lokasi sudah selesai. Saat ini perbaikan yang masih berjalan hanya di Jalan Pattimura, Kaliombo, Semampir dan Banaran.


“Di lokasi lainnya sudah selesai. Targetnya akhir tahun ini sudah selesai semua,” ungkapnya. 


Lebih lanjut, I Made berharap,  dengan perbaikan drainase ini dapat mengurangi genangan air terutama di titik-titik rawan di pusat Kota Kediri. Dia juga menyebut adanya kerja sama atau kolaborasi dengan warga akan membantu menyelesaikan permasalahan ini.


Untuk himbauan kepada warga kota kediri kami harap ikut membantu kami menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah ke saluran Karena sering terjadi sumbatan di saluran drainase yg diakibatkan oleh sampah sehingga terjadi banjir di sekitar lokasi tersumbatnya saluran. Sedang Untuk tahun depan pemkot kediri Masih akan melakukan pembangunan saluran drainase di beberapa titik untuk menyambung saluran saluran yang dibangun tahun ini serta beberapa crossing dibawah rel kereta api untuk mengatasi genangan yang sering terjadi di wilayah timur rel kereta," pungkasnya.

(RD)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini