Demi Kenyamanan dan Keselamatan Masyarakat, Pemkab Banyuwangi Maksimalkan Penjagaan Jalur KA Tak Berpalang Pintu - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 14 April 2023

Demi Kenyamanan dan Keselamatan Masyarakat, Pemkab Banyuwangi Maksimalkan Penjagaan Jalur KA Tak Berpalang Pintu

 


Banyuwangi, Metro Jatim;

Masih maraknya jalur kereta api tak berpalang pintu tentu membuat keselamatan masyarakat tak maksimal. Jelang lebaran, Pemkab Banyuwangi akan menambah petugas penjaga jalur kereta api tak berpalang pintu. Karena saat lebaran jelas kepadatan lalu lintas tak bisa terelakkan. Relawan tersebut akan bertugas di sejumlah titik perlintasan yang dianggap membutuhkan penjagaan lebih karena keramaian jalurnya yang dilewati mayarakat saat hendak berlebaran.


Mereka akan bertugas selama 4 hari sejak H-1 hingga H+1 Lebaran. Total ada 35 petugas yang direkrut dan akan disebar di 5 titik perlintasan KA tidak berpalang pintu yang arus lalu lintasnya padat., yakni JPL 100 (barat Koramil Rogojampi), JPL 06 (Desa Rejosari, Glagah), JPL 07 (Lingkungan Watu Ulo-Kelurahan Bakungan), JPL 10 (Lingkungan Watu Buncul-Kelurahan Boyolangu), dan JPL 24 (Barat Hotel Ketapang Indah). Pemkab ingin memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik di musim lebaran.


Menurut Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Pujo Hartanto, yang kita direkrut tersebut diutamakan warga di sekitar perlintasan dan pernah mendapatkan pelatihan pengamanan dari PT KAI. Setiap harinya, masing-masing akan bekerja dalam tiga shift masing-masing 8 jam.


Dalam kesempatan itu, Bupati Ipuk Fiestiandani juga menyerahkan bingkisan lebaran kepada sejumlah petugas penjaga perlintasan kereta api. Ini sebagai bentuk apresiasi pemkab atas dedikasi para petugas penjaga dalam mengatur arus lalu lintas di sekitar perlintasan KA.


"Terima kasih atas dedikasinya, khususnya di momen Lebaran ini. Di saat yang lain bisa berkumpul dengan keluarga, mereka harus tetap bekerja demi kelancaran dan keamanan lalu lintas selama Lebaran,” kata Ipuk.


Ipuk pun berharap, dengan adanya tambahan relawan tersebut dapat meminimalkan angka kecelakaan di sekitar perlintasan KA. "Semoga Lebaran berjalan lancar. Semuanya bisa bersilaturahmi dengan khidmat," tambah Ipuk saat mengunjungi jalur perlintasan langsung (JPL) 19 Stasiun Argopuro, di Kecamatan Kalipuro, Rabu (12/4/2023).


Dalam kesempatan itu, Ipuk juga meninjau petugas yang sedang memperbaiki jalur kereta, serta meninjau JPL 17 di Kecamatan Giri.

 (Herman)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini