Fasilitasi Warga yang Bekerja di Bali, Pemkab Banyuwangi Siapkan 8 Bus untuk Mudik Gratis - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 11 April 2023

Fasilitasi Warga yang Bekerja di Bali, Pemkab Banyuwangi Siapkan 8 Bus untuk Mudik Gratis



Banyuwangi, Metro Jatim;
Pemkab Banyuwangi memfasilitasi mudik gratis delapan unit bus dengan kapasitas 400 orang penumpang bagi warga Banyuwangi yang selama ini bekerja di Pulau Dewata Bali, kegiatan ini bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata.


Kegiatan ini tidak hanya berlangsung tahun ini saja, tetapi setiap tahun Pemkab selalu memfasilitasi mudik Lebaran gratis bagi warga Banyuwangi yang bekerja atau tinggal di Bali. Sejak dibuka pendaftaran 1 April lalu, kuota-nya sudah terpenuhi semua.


Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi Pujo Hartanto menjelaskan bahwa mudik gratis ini selain membantu para pemudik juga untuk mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus mudik.


"Dengan dikoordinir seperti ini jumlah kendaraan di jalan raya akan berkurang, sehingga meminimalisir potensi risiko di jalan," ujarnya.


Sementara menurut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani , pemberangkatan mudik gratis dari Bali Ke Banyuwangi dijadwalkan pada Rabu, 19 April 2023, sekitar pukul 09.00 WITA. Selain untuk penumpang, lanjut Ipuk, juga disediakan dua unit truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik pemudik.


Titik keberangkatan mudik gratis akan dimulai dari Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar. Bagi yang tinggal di wilayah lain di luar Denpasar (Badung, Tabanan, Gianyar, Klungkung, Bangli) bisa berkumpul dan dijemput di titik tertentu.


Adapun syarat untuk mengikuti mudik gratis ini, di antaranya terdaftar sebagai anggota Ikawangi Dewata yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA). Kedua, sesuai persyaratan dari Kementerian Kesehatan, yakni pemudik sudah divaksin booster.


"Semoga semua berjalan lancar dan tiba di Banyuwangi dengan selamat," tutur Bupati Ipuk.


Untuk diketahui program mudik gratis lainnya juga disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, rute Surabaya menuju seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur. Untuk warga Banyuwangi yang berada Surabaya bisa memanfaatkan program tersebut.


Pendaftarannya bisa dilakukan secara daring melalui mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id paling lambat 10 April. Bisa juga melalui operator di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Jalan A Yani 268 Surabaya, paling lambat 18 April. Syaratnya fotokopi KTP dan KK, dan sudah vaksin booster.


Pemberangkatan mudik gratis ini akan dilaksanakan pada Rabu, 19 April 2023 pukul 09.00 WIB dari kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim. Jurusan Surabaya-Banyuwangi melewati dua rute, yakni rute selatan melalui Jember atau rute utara via Situbondo. Warga bisa memilih sesuai tujuannya. (Herman)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini