Mencegah Stunting, Pemdes Sanan Melaksanakan Giat Posyandu Balita - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 12 April 2023

Mencegah Stunting, Pemdes Sanan Melaksanakan Giat Posyandu Balita


Tulungagung, Metro Jatim;

Bertempat di Dusun Karangan RT 04 RW 02 Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung telah terlaksana giat posyandu balita. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 balita untuk di periksa kesehatannya.


Nurul Hilaliyah selaku  ibu Kepala Desa Sanan ketika dikonfirmasi menjelaskan, kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak.


"Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan dan penyuluhan tentang kesehatan," terangnya, (3/4/2023)


Kader-kader Posyandu balita melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas ketika ada balita yang mengalami Stunting akan langsung di rujuk ke puskesmas Bangun jaya guna penanganan lebih lanjut. Desa Sanan terdapat 5 kader posyandu 1 dan  kader taman posyandu 1 sebanyak 3 orang



Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.


Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok Desa Sanan


"Kami berharap dengan adanya kegiatan posyandu ini dapat mencegah Stunting, sehingga balita yang ada di Desa Sanan bisa tumbuh dengan normal dan sehat," harapan Fadilah  selaku bu bidan. (Dewan redaksi : irfan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini