Operasi Ketupat Semeru 2023, Ratusan Polisi di Banyuwangi Jaga Titik Rawan Siang Malam. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 08 April 2023

Operasi Ketupat Semeru 2023, Ratusan Polisi di Banyuwangi Jaga Titik Rawan Siang Malam.



Banyuwangi, Metro Jatim;

Bertempat di ruang Rupatama Wira Pratama, Kamis (6/4/2023), Polresta Banyuwangi beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, berkoordinasi dalam menjaga kelancaran dan keamanan dalam operasi Ketupat Semeru 2023. Rapat koordinasi operasi Ketupat Semeru 2023 ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa, yang dihadiri Wakil Bupati Banyuwangi, Pakde Sugirah, serta Dinas Perhubungan, Satpol PP, ASDP Ketapang, Jasa Raharja, Kodim 0825, Lanal Banyuwangi, BPBD, Dinas Kesehatan dan para pejabat utama serta Kapolsek jajaran Polresta Banyuwangi. 

 

Rapat koordinasi tersebut, digelar sebagai bentuk awal meninjau kesiapan tim gabungan untuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2023. Dalam rapat tersebut Polresta Banyuwangi siap kerahkan 900 personil Polresta Banyuwangi disiapkan guna pengamanan dan kelancaran jelang lebaran 2023. Dengan obyek pengamanan sebanyak 222 obyek, enam terminal, 36 tempat wisata, delapan stasiun, tiga pelabuhan, satu Bandara, 147 masjid dan delapan pusat perbelanjaan. Nantinya personel tersebut akan disebar dan digabungkan dengan personel dari stake holder terkait lainnya. Pihaknya juga sudah memetakan dan mendatakan daerah rawan Laka, rawan kemacetan dan rawan pelanggaran lalu lintas serta rawan bencana. Mereka juga telah mempersiapkan skenario penanganan, apabila nantinya terjadi hal yang tidak dinginkan di lapangan personel sudah siap melakukan langkah antisipasi dan penanganannya.

 

Mengingat luas Wilayah  Kabupaten yang mencapai 5.782,50 KM2, dengan jumlah kecamatan sebanyak 25 kecamatan dan Desa atau Kelurahan sejumlah 217. Serta total Penduduk 1.692.324 jiwa, tentunya membuat 900 lebih personel Polres Banyuwangi harus disebar secara menyeluruh dan juga dibantu oleh personel lainnya.

 

"Kami menggelar Rakor dengan sejumlah instansi, sebagai persiapan untuk mengamankan mudik lebaran tahun ini dimana peraturan sudah dilonggarkan yakni yang mudik harus sudah divaksin booster," ujar Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa.

 

"Polresta Banyuwangi beserta seluruh jajaran, tentu perlu didukung TNI, instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan operasi dalam bentuk operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ketupat Semeru 2023, selama 12 hari di seluruh Indonesia dalam bentuk Harkam yang mengedepankan giat preemtif, preventif yang didukung giat Gakkum dan Banops. Sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman," jelasnya.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi, Pakde Sugirah menjelaskan, jika Pemkab Banyuwangi akan mendukung penuh dalam pelaksanaan pengamanan ops ketupat semeru 2023. Dengan melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) serta Satpol PP Banyuwangi.


Sugirah mengatakan, “Pemkab Banyuwangi juga sudah mempersiapkan mudik gratis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat 
Banyuwangi. Sehingga, masyarakat Banyuwangi dapat berkumpul dengan keluarga dalam Hari Raya Idul Fitri 2023 ini,” tuturnya.

 

"Kita harapkan masyarakat juga ikut menjaga keamanan dan kondusifitas baik di lokasi wisata maupun saat arus mudik hingga balik mendatang," pungkasnya. (Herman)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini