Pembangunan Fisik Desa Optimalkan Penyerapan Anggaran DD. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 24 Agustus 2023

Pembangunan Fisik Desa Optimalkan Penyerapan Anggaran DD.


Jombang, Metro Jatim.com;

Salah satu skala prioritas pemanfaatan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 adalah untuk perbaikan infrastruktur jalan. Menghidupkan kembali jalan yang sudah  bertahun tahun mati dan tidak layak di lewati sepanjang kurang lebih 1500 m. Seperti halnya yang telah di lakukan oleh pemerintah Desa Kebondalem Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang, Rabu (23/08/2023).


Perbaikan kondisi fisik jalan lingkungan RT 2/RW 2 Dusun Plosorejo Desa Kebondalem yang rusak dan tidak layak tersebut. Melalui usulan warga masyarakat dan mendapat persetujuan sebagai skala prioritas pembangunannya. Mengingat infrastruktur jalan untuk kepentingan mobilisasi warga yang harus mendapatkan perhatian serius. Dimana salah satu fungsinya adalah sebagai penunjang percepatan roda pembangunan fisik.


Pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi covid 19 melalui perbaikan akses jalan yang rusak dengan mengunakan Rabat beton sesuai spesifikasi (spek) standar mutu ditetapkan oleh pemerintah dengan harapan, kondisi jalanya agar tidak cepat rusak dan tahan lama. Sehingga anggaran dapat digunakan pembangunan lainnya.


Volume jalan rabat beton yang dibangun 246 m×3 m ×0.15cm menyerap anggaran Dana Desa sebesar Rp151.983.000. Anggaran tahun 2023 di kerjakan dengan sistim swakelola. Artinya semua pekerjanya di kerjakan dengan tenaga lingkungan setempat.


Setelah selesai dibangun salah satu warga setempat sebut aja Rudi (bukan nama aslinya) mengatakan kepada awak media jika berterima kasih kepada pemerintah Desa atas dibangunnya jalan lingkungan Harapannya masyarakat kecil bangunan bisa berkelanjutan.


Kepala Desa Kebondalem, Faisol Zakaria saat dikonfirmasi awak media mengatakan, ”Seperti kita ketahui bersama dengan dihidupkan kembali jalan yang sudah lama tidak tersentuh pembangunan, mengatakan bahwa politik yang di tuangkan dalam RPJM. Desa yang di jabarkan dalam RKP sebenarnya telah direncanakan sejak tahun 2020 sehingga masa akhir jabatan di periode pertama jalan tersebut tuntas terbangun , akan tetapi karena pandemi di awal tahun tidak bisa membangun,” tuturnya.


Tahun 2023 ini dibangunlah jalan rabat beton, proses pembangunan sudah 100% dengan kondisi jalan yang baik warga bisa melakukan aktifitas terutama dalam pengoperasian armada pengangkut hasil pertanian, pelayanan sosial, kesehatan dan pendidikan. ”Dengan demikian harapan saya kedepan percepatan pertumbuhan pada semua sektor dapat terwujud. Sehingga kebondalem tidak tertinggal dengan desa maju lainnya, tutur kades. (sudar)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini