Manfaatkan Dana Desa untuk Bangun akses Jalan Usaha Tani. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 28 Desember 2023

Manfaatkan Dana Desa untuk Bangun akses Jalan Usaha Tani.


Madiun, Metro Jatim;

Salah satu langkah Strategis dalam rangka mendukung peningkatan produksi pertanian dan ekonomi masyarakat adalah dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) Tahun 2023, Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Pemdes Desa Sebayi  Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun.


Pemanfaatan Dana Desa (DD) Tahun 2023 sebesar Rp 118. 466. 020,- oleh Pemerintah Desa Sebayi adalah dipergunakan untuk pembangunan rabat beton Jalan usaha tani yang berlokasi di RT. 15. RW. 03 Dusun Ketupu, dengan Volume  210 m X 3 m X 0.12 m.


Menurut penjelasan Kepala Desa Sebayi, Putut Suwarno kepada awak media ini, "Diharapkan dengan dibangunnya akses Jalan Usaha Tani dengan menggunakan rabat beton akan mempermudah akses petani untuk memudahkan petani dalam membawa hasil pertanian atau akses alat mesin pertanian bahkan pengangkutan pupuk kelahan pertanian, dengan demikian prinsip pembangunan jalan pertanian ini adalah sebagai fasilitas, sarana pendukung pertanian yang baik bagi para petani untuk meningkatkan produksi pertanian dan meningkatkan perekonomiannya,” tuturnya.


Demikian juga penuturan Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Suyisno, "Dulu sebelum jalan ini diperbaiki, begitu sulitnya petani Dusun Ketupu dalam mengakses hasil panen, mengangkut pupuk dengan dipanggul, namun sekarang sudah bisa memakai motor bahkan ibu-ibu bila kesawah sudah berani memakai Sepeda motor dengan begitu dapat memangkas biaya produksi pertanian,” ungkapnya.


Masih kata Suyisno, Proses pengerjaan rabat beton Jalan Usaha Tani tersebut dengan sistem Swakelola artinya dikerjakan oleh Masyarakat Dusun Ketupu sendiri didampingi oleh pihak pendamping desa dan Tim Pengelola Kegiatan sehingga kualitasnya dapat terjaga dan Progres pengerjaannya sampai saat berita ini diturunkan sudah mencapai 100 persen dan telah bisa dipergunakan oleh petani.


Sementara itu, tentang pemilihan lokasi rabat beton Jalan Usaha Tani tersebut sudah sesuai hasil keputusan didalam forum Musyawarah Dusun (Musdus) maupun Musdes beberapa waktu lalu. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini