Jokowi : Dana Desa Jangan Balik Jakarta - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 04 Januari 2019

Jokowi : Dana Desa Jangan Balik Jakarta



Trenggalek, Metro Jatim;

Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Trenggalek, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan gelontoran Dana Desa dari Pemerintah Pusat mestinya tak balik lagi ke Jakarta. Dana tersebut harus dikelola secara baik dengan membelanjakan material di Desa - Desa setempat.

“Kita harapkan dana itu betul-betul jangan ada kembali yang ke kota apalagi kembali ke Jakarta,” kata Presiden Jokowi sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Provinsi Jawa Timur, di Alun - Alun Kabupaten Trenggalek, Jum'at (04/01/2019).

“Saat membelanjakan itu gunakan material-material yang ada di desa atau di kecamatan. Beli pasir, kalau tidak ada di Desa terdekat, kalau enggak ada beli di Kecamatan,” Kata Presiden. 

Menurutnya, dengan cara tersebut maka peredaran uang tetap berada di kawasan desa atau paling jauh di wilayah Kecamatan setempat. Sebab, dengan perputaran uang dalam jumlah besar di suatu wilayah maka kesejahteraan masyarakat bisa meningkat, ungkapnya. 

“Biar uangnya terus beredar di situ. Jangan kembali uang itu ke Kota / Kabupaten apalagi ke Jakarta, sehingga peredaran uang yang ada di desa atau maksimal di kecamatan itu makin tahun maka semakin membesar. Karena tanpa perputaran uang yang semakin banyak di desa, mustahil yang namanya desa itu akan meningkat kesejahteraannya," tandasnya.


Selanjutnya, sejak awal pemerintahannya terus meningkatkan besaran Dana Desa. Anggaran tersebut masih ditambah dari kucuran APBD baik provinsi beserta kabupaten/kota yang jumlahnya cukup besar.


“Kita lihat dana yang telah dikucurkan oleh pemerintah. Tahun 2015 Rp20 triliun, 2016 Rp47 triliun, 2017 Rp60 triliun, 2018 Rp60 triliun, tahun depan 2019 Rp70 triliun, jadi anggaran untuk Dana Desa naik terus," pungkasnya. (Hardi/Sum) 

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini