Disparpora Ngawi Melalui Forum OPD 2019, Maksimalkan Pembangunan Industri Pariwisata dan Budaya - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 03 Maret 2019

Disparpora Ngawi Melalui Forum OPD 2019, Maksimalkan Pembangunan Industri Pariwisata dan Budaya



Ngawi, Metro Jatim;

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Ngawi menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  bertujuan untuk mensinergikan prioritas program dan kegiatan pembangunan pemerintah daerah agar adanya keselarasian antar OPD.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, sekdin Disparpora, Perwakilan OPD, Camat Kabupaten Ngawi, kepala desa dan perwakilan kelompok  masyarakat /LSM dari bumi orek-orek. Bertempat di aula taman wisata pemandaian Tawun Rabu 27/02/2019, dalam rangka merapatkan koordinasi antar Perangkat Daerah, segenap pelaku pariwisata, juga para pelakon seni budaya.

Dalam acara ini akan adanya masukan-masukan dari para peserta, terutama mengenai seputar Pariwisata di Kabupaten Ngawi, dijadikan sebagai bahan wacana untuk menyusun perencanaan program kegiatan tahun 2020 kedepan.

Kepala Dinas Pariwisata Rahmat Didik Purwanto mengatakan, "Forum ini memegang peranan sangat penting untuk diselenggarakan, bertujuan menyamakan persepsi dalam meningkatkan laju pembangunan disegala bidang, terutama sektor pariwisata yang menjadi idola saat ini banyak obyek wisata dan kekayaan budaya yang dapat dikembangkan dengan baik dan merupakan tindak lanjut dari kegiatan Musrenbang yang telah dilaksanakan tahun sebelumnya mulai tingkat desa hingga kecamatan." Ujarnya.

“Ini perencanaan bottom up, jadi sebenarnya di perencanaan daerah ada tahapan renstra, renstra lima tahun berdasarkan visi misi Bupati. Tetapi ada juga perencanaan bottom up, inilah prosesnya,” terang Didik.

Lebih lajut Ia (DIdik)  mengatakan, "Setelah musrenbang, baru kemudian dilaksanakan forum OPD. Yakni, untuk mendiskusikan masukan-masukan dari masyarakat yang kita diskusikan di bidang masing-masing pada forum ini untuk berkoordinasi dengan OPD terkait, camat, LPM, dan provinsi terkait program apa yang akan dilakukan nantinya Disparpora juga selalu berkoordinasi dengan dinas lain yang terkait, khususnya Dinas PM PTSP soal perizinan, kita akan koordinasi dengan PTSP, guna mengegolkan program yang akan kita laksanakan dan akan  kami singkronkan program dengan PTSP,” jelasnya.


Terkait program 2020, Ia mengatakan, "Ada beberapa yang sedang direncanakan, salah satunya terkait meningkatnya kunjungan wisatawan, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam ekonomi kreatif, melestarian budaya daerah, meningkatkan prestasi pemuda dan olahraga diKabupaten Ngawi. Setelah acara usai diharapkan bahwa hasil akhir kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2019  bisa menjadi sarana untuk menghasilkan perencanaan yang baik dan matang dalam penyusunan Program Kegiatan Tahun 2020 nantinya,” pungkasnya. (Jm)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini