INOVASI RSUD JOMBANG "JOGKATROK" - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 18 September 2019

INOVASI RSUD JOMBANG "JOGKATROK"


Jombang, Metro Jatim;

Rumah Sakit merupakan sarana fasilitas pelayanan kesehatan yang dituntut tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan, namun juga harus mampu menjaga mutu lingkungan hidup sekitamya dengan memasukkan konsep berkelanjutan dalam setiap kegiatannya.

Seiring dengan Konsep Green Hospital untuk mewujudkan kenyamanan lingkungan bagi pasien serta warga masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan rumah sakit, juga merupakan jawaban atas tuntutan kebutuhan dari pelanggan rumah sakit yang telah bergeser ke arah pelayanan paripuma serta berbasis kenyamanan dan keamanan.

Untuk itu RSUD Kab. Jombang membuat inovasi yang dikemas dalam Program "JOGKATROK" singkatan dari (Pojok Segar Gerakan Memungut Sampah Kawasan Tanpa Asap Rokok) ungkap Direktur RSUD Kab Jombang dr. Pudji Umbaran, M.KP  Dengan adanya program ini diharapkan RSUD Kah. Jombang menjadi RS yang Asri, Bersih, dan Sehat tanpa Asap Rokok.

Pojok Segar (JOGAR) dilaksanakan oleh seluruh ruangan yang ada di RSUD Kabupaten Jombang dalam upaya menciptakan area disetiap ruangan yang ada menjadi lebih hijau dan segar, sehingga kualitas udara menjadi lebih baik dan terlihat asri.

Ini juga merupakan therapy lingkungan agar suasana hati penunggu pasien maupun petugas rumah sakit untuk lebih nyaman dan segar.

"Sedangkan Gerakan Memungut Sampah (GEMES) dilaksanakan oleh seluruh karyawan RSUD Kabupaten Jombang tanpa kecuali mulai dari Direktur, struktural, tenaga medis, paramedis dan non medis. 
Adapun pelaksanaan dari Kawasan Tanpa Asap Rokok (KATROK) di RS dengan cara menghimbau agar tidak  merokok di lingkungan RS baik  karyawan maupun pengunjung RS. Setiap karyawan RSUD Kabupaten Jombang, yang melihat ada orang merokok di lingkungan rumah sakit, wajib mengingatkan untuk mematikan rokok tersebut," Pungkas dr. Pudji Umbaran M.KP mengakhiri wawancara.

Sejak dilakukan launching oleh Bupati Jombang pada 23 Februari 2019, Inovasi JOGKATROK ini disambut karyawan/karyawati dengan antusias, setiap hari tampak staf melakukan perawatan terhadap vertical garden yang menjadi tanggung jawabnya.


Untuk meningkatkan motivasi karyawan dalam perawatan vertical garden diberikan Piala bergilir untuk diperebutkan semua unit setiap 3 bulan sekali. Dalam kegiatan pojok segar,  telah ada 27 spot vertikal garden yang tersebar di depan, belakang maupun samping RS. Setelah berjalan hampir 7 bulan, RSUD Jombang saat ini tampak lebih indah, asri, bersih dan sehat. 
“Hari Gini Masih Buang Sampah Sembarangan Berarti KATROK”
“ Hari Gini Masih Merokok di Area Umum Berarti KATROK”
¤SALAM JOGKATROK¤

(Hasan/Daeng, Beny)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini