Bantuan Bibit Duren, Nantinya Bisa Mengangkat Ekonomi Masyarakat Pesangem - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 14 Januari 2020

Bantuan Bibit Duren, Nantinya Bisa Mengangkat Ekonomi Masyarakat Pesangem


Banyuwangi, Metro Jatim;
Sudah biasa disaat musim durian menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Seperti dibeberapa daerah, buah durian menjadi magnet wisata kuliner yang dicari dan diburu oleh warga, sepertinya buah yang satu ini bisa menjadi andalan beberapa daerah termasuk Banyuwangi.

Karena durian adalah pohon yang bisa menghasilkan buah bernilai ekonomis tinggi, maka pemerintah Desa Karangharjo yang diwakili oleh Kepala Desa Miskawi mencanangkan penanaman ratusan bibit durian jenis musang king yang diberikan kepada warga Dusun Jolondoro, Senin (13/1/2020).

Sebagai kepala desa terpilih dua periode, Miskawi harus menyelesaikan program anggaran Dana Desa (DD) 2019 sebesar 10 juta. Beliau berharap masyarakat Dusun Jolondoro bisa menanam pohon durian jenis musang king. Menurutnya musang king adalah buah yang berasal dari Negara Malaysia ini berbeda dengan buah durian pada umumnya.

"Saya berharap masyarakat Dusun Jolondoro nantinya bisa menikmati  rasa buah durian jenis musang king, yang katanya berasal dari Negara Malaysia ini, bedanya kulitnya tipis tapi isinya tebal dan rasanya juga enak, bukan hanya itu pastinya masyarakat akan bisa menikmati hasilnya dengan cara dijual," tuturnya.

Pembagian bibit pohon durian jenis musang king kepada warga bertempat di lapangan sepak bola tersebut juga dihadiri tokoh masyarakat Jolondoro beserta seluruh kepala dusun se Desa Karangharjo.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dusun Jolondoro Abdul Latif saat diwawancarai awak media, beliau menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada pemerintah desa yang diwakili oleh Miskawi, menurutnya bantuan bibit durian ini sudah tepat sasaran karena warga Dusun Jolondoro kebanyakan adalah warga pesangem atau petani, yang tergabung dalam pokja yang pastinya mempunyai lahan garapan.

"Bantuan bibit durian ini sudah tepat diberikan kepada warga pesangem atau petani yang ada di Dusun Jolondoro, saya sebagai tuan rumah atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Desa Karangharjo khususnya Pak Lurah Miskawi," ucapnya.

Menurut Abdul Latif nantinya bibit durian tersebut akan diberikan kepada LMDH Jolosutro, anak cabang dari LMDH Wana Sejati.

"Tahun kemarin LMDH Wana Sejati sudah mendapatkan bantuan serupa mas, namun kali masyarakat petani atau pesangem yang tergabung dalam LMDH Jolosutro yang mendapatkan bantuan bibit durian tersebut," tuturnya.

Untuk cara pembagian ya Abdul Latif menyampaikan jika disesuaikan dengan kelompok taninya, karena LMDH Jolosutro mempunyai dua kelomok kerja, Pokja 1 dan Pokja 2 dan akan dikembalikan kepada kelompok tani yang tergabung dalam LMDH Jalosutro bukan kepada masyarakat. (Agus Salim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini