PELAKSANAAN VAKSINASI TERHADAP SELURUH ODGJ DI WILAYAH KERJA BLUD PUSKESMAS PULOREJO JOMBANG HINGGA DOSIS 2 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 18 Agustus 2021

PELAKSANAAN VAKSINASI TERHADAP SELURUH ODGJ DI WILAYAH KERJA BLUD PUSKESMAS PULOREJO JOMBANG HINGGA DOSIS 2


 Jombang, Metro Jatim;

Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas Pulorejo, Ngoro, Jombang, Jawa Timur, menggelar vaksinasi keseluruh ODGJ dengan mendatangi dari pintu ke pintu. Dengan tujuan, dapat melindungi ODGJ dari penularan Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi sudah keseluruh ODGJ di wilayah kerja puskesmas hingga dosis 2.


Pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran 105 ODGJ telah dilakukan vaksinasi, dengan melibatkan Perangkat Desa, Babinsa, serta Bhabinkamtibmas, dengan semangat Progremer. Melaksanakan vaksinasi ODGJ dan dapat berjalanan dengan lancar.


Persyaratan vaksinasi cukup terdaftar sebagai pasien ODGJ BLUD Puskesmas Pulorejo dan pihak keluarga cukup menyediakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) dan nomer ponsel (telpon seluler). Hal itu digunakan untuk proses pendataan peserta. Data tersebut kemudian diberikan ke Pemerintahan Desa  Wilayah Kerja Puskesmas Pulorejo untuk didistribusi ke masyarakat.

Alur pemberian vaksinasi untuk ODGJ, tidak jauh beda dengan pemberian vaksinasi umum. Yaitu melakukan pendaftaran, kemudian skrening dengan mengukur suhu dan tekanan darah (Tensi). Serta menjawab beberapa pertanyaan yang tersedia. Yang lolos skrining langsung dilakukan vaksinasi oleh Progremer ODGJ. Tetapi untuk pelaksaaan pendaftaran dan observasi dilakukan di Puskesmas.


Kepala BLUD Puskesmas Pulorejo dr. Rita Andayani menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi sudah selesai untuk ODGJ dan menjelaskan walaupun sudah divaksin, protokol kesehatan dan pola hidup sehat dan bersih harus dilakukan seperti pakai masker, cuci tangan dan makan-makanan sehat, dan memberikan dukungan penuh dari keluarga untuk pasien ODGJ. Senin (10/08/2021). 


Harapannya lagi, menggelar vaksinasi terhadap ODGJ diharapkan selalu mendapat perhatian dari pihak mana pun baik keluarga maupun masyarakat sekitar. 

(Hasan/Diky)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini