DKPP KABUPATEN JOMBANG KEMBANGKAN APLIKASI E-MONKAPO SARANA MONEV EFEKTIF EFISIEN - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 16 September 2021

DKPP KABUPATEN JOMBANG KEMBANGKAN APLIKASI E-MONKAPO SARANA MONEV EFEKTIF EFISIEN


Jombang, Metro Jatim;

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan mempunyai tujuan untuk mengembangkan olahan pangan yang berbahan dasar pangan lokal domestik, yang dapat digunakan sebagai produk olahan pangan unggulan daerah masing-masing dan juga produk unggulan kabupaten. Pelaksanaan awal kegiatan dilakukan secara manual dengan berkeliling mengunjungi kelompok-kelompok binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jombang.


Dengan kondisi topografi Kabupaten Jombang yang cukup luas, evaluasi tim monitoring kelompok olahan pangan menilai adanya kelemahan tentang sistem kerja yang digunakan, dinilai kurang efektif dari segi waktu dan juga anggaran serta yang menjadi akar permasalahan adalah kurang efektifnya waktu dalam proses pengambilan  data dengan cepat jika masih menggunakan metode manual . 


Dengan adanya beberapa permasalahan tersebut,      Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan berinisiatif untuk mencari jalan keluar permasalahan monitoring secara manual yang dinilai tidak efisien dan efektif serta dengan adanya situasi pandemic covid-19 yang melanda semakin menambah permasalahan yang timbul.

Sehingga Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menginisiasi sebuah solusi untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan menggunakan sistem digitalisasi. Melalui aplikasi e – Monkapo (elektronik monitoring dan evaluasi kelompok olahan pangan) diharapkan dapat mempermudah Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dalam mengakses data kelompok olahan pangan binaan dan selalu terupdate setiap saat dengan sangat mudah. Serta memudahkan kelompok olahan pangan binaan untuk berkomunikasi dengan petugas pendamping. Kelompok olahan pangan dapat mengakses e – Monkapo pada laman website Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan. 


Dengan aplikasi e - Monkapo ini diharapkan menjadi pengganti kehadiran petugas Dinas Ketahanan pangan dan Perikanan yang selalu mendampingi kelompok olahan pangan binaan setiap saat. Dengan adanya inovasi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dengan menggunakan e – Monkapo, telah diapresiasi oleh pemerintah daerah kabupaten Jombang dengan menjadikan e - Monkapo sebagai salah satu kegiatan inovasi daerah dalam Innovative Government Award yang dilaksanakan oleh Kementrian Dalam Negeri. (Hasan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini