Serbuan Vaksinasi Covid-19 Giliran Menyasar pada 113 Bumil yang Tersebar pada 10 Desa di Seluruh Wilayah Kecamatan Wonoasri. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 13 September 2021

Serbuan Vaksinasi Covid-19 Giliran Menyasar pada 113 Bumil yang Tersebar pada 10 Desa di Seluruh Wilayah Kecamatan Wonoasri.


Madiun, Metro Jatim;

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama khusus ibu hamil yang berada di seluruh desa sewilayah kerja Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Wonoasri dipusatkan di Pendopo Desa Jatirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun. Jum'at (03/09/2021).


Target Vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19) jenis Sinovac khusus diperuntukkan bagi 113 Dosis untuk ibu hamil sebagai langkah awal dalam memberikan perlindungan terhadap ibu dan bayinya dari paparan Covid-19, sebab kelompok ini adalah termasuk salah satu yang sangat rentan dan beresiko tinggi terpapar Covid-19 sehingga dengan adanya vaksinasi ini bisa mengurangi tingkat keparahan apabila terpapar.


Kebijakan Kementerian Kesehatan dalam memberikan perhatian khusus terhadap ibu hamil dengan memberikan suntikan vaksinasi telah tertuang melalui surat edaran Kemenkes HK.02.01/l/2007/2021 tanggal 02/08/2021. Tentang Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil yang ditanda tangani oleh PLT Direktur Jenderal Pencegahan dan pengendalian penyakit.


Menurut penjelasan ketua Kordinator Imunisasi Puskesmas Wonoasri Mersianawati, S.Tr., Keb. kepada awak media yang meliput kegiatan vaksinasi mengatakan, "Bahwa sebagai Syarat Utama Vaksinasi Covid-19 adalah usia kehamilannya harus sudah mencapai 13-34 Minggu juga bukan sebagai penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan kebelakang,"  tuturnya.

"Animo ibu hamil pada Vaksinasi timbul karena kesadaran pribadi dan dorongan dari petugas Kesehatan tentang pentingnya  Vaksinasi guna meningkatkan Herd Imunity sehingga kesehatan ibu dan bayinya dapat terjaga," imbuhnya.


"Terselenggaranya Vaksinasi Covid-19 kali ini berkat kerjasama yang baik antara pihak Puskesmas Wonoasri dengan pihak Muspika Kecamatan Wonoasri guna mendukung upaya pemerintah dalam memperluas sasaran vaksinasi dalam mencegah dan menekan angka kematian bagi kasus ibu hamil akibat terpapar Covid-19 di wilayah Kecamatan Wonoasri," ujar Kepala Desa Jatirejo.

Harapan Kepala Desa Jatirejo Khozin Zainuri ketika dikonfirmasi ditempat vaksinasi memaparkan, "Biarpun ibu hamil di wilayah saya sudah mendapat Suntikan Vaksinasi Covid-19 dihimbau untuk tidak abai dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam kehidupan sehari hari bahkan supaya dijadikan sebagai perilaku baru agar  Pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan," tutupnya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini