HIPPA TIRTO RAHAYU DESA BONDRANG KECAMATAN SAWO KABUPATEN PONOROGO BANGUN SALAURAN IRIGASI DARI PROGRAM P3GTAI - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 01 Juni 2022

HIPPA TIRTO RAHAYU DESA BONDRANG KECAMATAN SAWO KABUPATEN PONOROGO BANGUN SALAURAN IRIGASI DARI PROGRAM P3GTAI


Ponorogo, Metro Jatim;

Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Tirto Rahayu Desa Bondrang Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo melaksanakan pembangunan jaringan irigasi di persawahan desa, tempatnya dilokasi area persawahan desa Bondrang Kecamatan Sawo Kabupaten Ponorogo kucuran dana melalui P3GTAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) dari BBWS Bengawan Solo dengan nilai sebesar 195 juta rupiah dianggarkan untuk desa Bondrang ini sengaja diperuntukan untuk pembangunan jaringan irigasi karena ini sangat penting sebagai kebutuhan dasar dalam rangka peningkatan perekonomian melalui produksi pangan para petani.


"Kontruksi jaringan irigasi yang difokuskan di Desa Bondrang ini menggunakan pekerjaan pasangan batu kali dan batu raem (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksana. Pembangunan jaringan irigasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketersedian air. Karena dengan adanya pembangunan jaringan irigasi ini maka akan memudahkan para petani dalam mengases air irigasi dalam masa tanam,” ujar P Daim ketua Hippa (30/05/2022).


Menurutnya pembangunan jaringan irigasi sesuai RAB program HIPPA Desa Bondrang ini sebagai upaya menjaga ketersedian pengairan irigasi untuk pertanian lahan persawahan warga desa Bondrang, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Pengerjaan di dusun secara swakelola dan pengerjaan sudah mencapai 50% dan sesuai gambar pelaksana . Harapanya dengan adanya saluran irigasi yang baru ini pendistribusian air untuk mengaliri lahan persawahan petani bisa semakin lancar terawat dengan baik dan petani di Desa Bondrang khususnya di dusun ini dapat melaksanakan usaha tani tanpa kesulitan pengairan pertanian kata p Daim ketua Hippa.


Sementara itu Kepala Desa mengatakan keberadaan HIPPA Desa Bondrang ini sangat membantu petani di desanya karena dengan ketersedian saluran irigasi yang terawat dengan baik maka petani di Desa Bondrang ini dapat melaksanakan usaha tani tanpa kesulitan pengaturan pertanian. Atas terlaksananya pembangunan jaringan irigasi program dari HIPPA tersebut, kepala Desa Bondrang menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani Desa Bondrang merasa terbantu dengan pengairan lahan persawahan jadi lancar.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani merasa terbantu dan harapanya pengairan lancar dan bisa meningkatkan hasil panen petani," ungkapnya. (BM)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini