Maksimalkan Penyerapan Anggaran BKK, Percepat Roda Pembangunan Desa. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 11 Juli 2022

Maksimalkan Penyerapan Anggaran BKK, Percepat Roda Pembangunan Desa.


Madiun, Metro Jatim;

Salah satu skala prioritas pemanfaatan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2022 adalah untuk perbaikan infrastruktur jalan desa yang kondisinya rusak, seperti halnya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Gemarang Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun, Rabu (29/06/2022).


Perbaikan Kondisi fisik jalan utama Desa Gemarang yang rusak tersebut telah mendapat persetujuan sebagai skala prioritas pembangunannya melalui Musdus maupun Musdes, mengingat infrastruktur jalan adalah untuk kepentingan mobilisasi warga yang harus mendapatkan perhatian serius, dimana salah satu fungsinya adalah sebagai penunjang percepatan roda pembangunan fisik maupun pemulihan ekonomi masyarakat akibat Pandemi Covid-19.


Melalui perbaikan akses jalan yang rusak dengan menggunakan rabat beton sesuai spesifikasi (Spek) standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah dengan menaruh harapan, kondisi jalannya agar tidak cepat rusak dan tahan lama bila dibandingkan dibangun menggunakan bahan lainnya, sehingga anggaran untuk perbaikan pada periode tahun berikutnya dapat digunakan untuk pembangunan sarana yang lain.


Volume rabat beton jalan yang dibangun, panjang 300 m, lebar 3,5 m, tebal 0,12 m menyerap anggaran BKK sebesar Rp 200.000.000,- dan dikerjakan dengan sistim Swakelola artinya semua pengerjaannya dikerjakan dengan memberdayakan tenaga masyarakat lingkungan setempat dibantu pengawasannya oleh pihak Dinas PU Kabupaten maupun petugas pendamping desa dan sampai berita ini diturunkan progres pembangunannya sudah mencapai 100%.


Seperti kita ketahui bersama, ”Dengan kondisi jalan yang baik, pertama akan meminimalisir Laka lalin, kedua memudahkan warga melakukan aktivitas, terutama dalam pengoperasian armada pengangkut hasil pertanian, jasa pelayanan sosial, kesehatan dan pendidikan, dengan demikian harapan saya kedepan percepatan pertumbuhan pada semua sektor dapat terwujud, sehingga Desa Gemarang tidak tertinggal dengan desa maju lainnya,” tutur Kades Gemarang, Tri Wiwik Suryaningsih S. Sos, mantan politisi Gerindra ini. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini