Penyebab Banjir di Banyuwangi Kota Diungkap Dinas PU Pengairan - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 01 Desember 2022

Penyebab Banjir di Banyuwangi Kota Diungkap Dinas PU Pengairan


Banyuwangi, Metro Jatim;

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Banyuwangi kota selama 4 jam lebih menyebabkan ratusan rumah warga di wilayah tergenang banjir. Selain itu juga menyebabkan jalanan kota lumpuh dan rumah warga terendam, juga banyak warga mengungsi dan dua rumah warga hanyut dan rusak.


Melihat kondisi itu, 


Menurut Kepala Dinas PU Pengairan, Guntur Priambodo menyebutkan, penyebab banjir yang melanda wilayah Kota Banyuwangi dan terjadi di wilayah perkotaan akibat intensitas hujan lebat yang sangat tinggi, mulai pukul 14.00 hingga 16.30 sehingga drainase kota tidak mampu menampung air.


Meski demikian, pihaknya telah memastikan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dam berjalan normal. Namun, akibat intensitas hujan sangat tinggi sehingga drainase tak mampu menampung air.


“Seperti di tiga kelurahan, Kepatihan, Panderejo, dan Kampung Ujung karena air over topping di atas tangkis. Selain itu juga diakibatkan pendangkalan Sungai Kali Lo,” kata Guntur, Selasa (29/11/2022).


Namun, demikian banjir tersebut sifatnya hanya genangan sehingga saat kondisi hujan reda, sungai surut banjir juga ikut surut.


“Banjir surut sekitar pukul 19.00 begitu reda hujannya. Kita tadi juga sudah antisilasi, dibuatkan sudetan muara ke arah timur untuk mengurai air,” tambah Guntur. (Herman)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini