Bangun Drainase Cegah Genangan Air, Banjir dan Penyakit Demam Berdarah. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 03 Januari 2023

Bangun Drainase Cegah Genangan Air, Banjir dan Penyakit Demam Berdarah.


Madiun, Metro Jatim;

Lewat serapan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Tahun 2022 Pemerintah Desa Plumpungrejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun telah melaksanakan pembangunan Drainase di RT 11 RW 02 Dusun Plumpungrejo Kidul dengan Volume Panjang 466 m  menyerap anggaran sebesar 150 Juta rupiah dan sampai berita ini diturunkan progres pembangunannya telah mencapai sekitar 60%, Senin (26/12/2022).


Drainase memiliki peran penting dikawasan permukiman dengan sistem drainase yang baik akan membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan.


Pelaksanaan pembangunan Drainase tersebut merupakan usulan masyarakat setempat melalui Jaringan Aspirasi Masyarakat (Jasmas), mengingat lingkungan wilayah tersebut bila musim hujan air banyak menggenangi jalan, air selokan tidak lancar seperti halnya yang disampaikan oleh Ketua RT 11 dan RT 12 RW 02 Dusun Plumpungrejo Kidul, "Setiap musim hujan turun dilingkungan sini airnya selalu menggenangi bahu jalan dan air selokan tidak lancar, sehingga warga kuatir terjadi penyebaran penyakit demam berdarah,” ujarnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pokmas Suradi, "Pembangunan Drainase dilingkungan sini memang sudah menjadi skala prioritas untuk mencegah terjadinya banjir, air menggenang dijalan yang dapat merusak kontruksi jalan dan penyebaran penyakit demam berdarah,” ujarnya.


"Pelaksanaan pembangunan Drainase menggunakan sistim Swakelola artinya dikerjakan oleh masyarakat setempat tanpa melibatkan pihak ketiga atau kontraktor namun tetap dalam pengawasan oleh Kepala Desa Plumpungrejo maupun pihak pendamping desa agar kualitas bangunan drainase bisa terjaga dengan baik,” tutur Kepala Desa Plumpungrejo Agus Sriyono kepada media ini.


Sebagai Kepala Desa Plumpungrejo Agus Sriyono berharap, "Kedepan untuk dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) masih dikucurkan oleh pihak pemerintah, sebab dengan anggaran tersebut dapat memicu dan mendorong percepatan pembangunan diwilayahnya segera tercapai, selain itu melihat besarnya fungsi drainase bagi lingkungan maka saya himbau kepada warga dengan kesadaran diri untuk bisa menjaga drainase tersebut agar aliran airnya tidak tersumbat dengan jalan melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungannya masing-masing,” tutupnya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini