Percepat Penghapusan Kemiskinan Ekstrim Lewat BLT-DD. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 19 Februari 2023

Percepat Penghapusan Kemiskinan Ekstrim Lewat BLT-DD.


Madiun, Metro Jatim;

Di pendopo Desa Dimong Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun telah dilaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) anggaran Tahun 2023 tahap pertama untuk bulan Januari dan Pebruari sebesar Rp.600.000,- kepada 48 orang Keluarga Penerima Manfaat warga Desa Dimong katagori keluarga miskin Ekstrim.


Berlangsungnya penyaluran bantuan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dibawah pengawasan Kepala Desa Dimong Sujarwo, S H., dibantu oleh Babinsa maupun Bhabinkamtibmas desa setempat.


Seperti diketahui, BLT Dana Desa Ta. 2023 tak lagi diarahkan untuk penanganan Covid-19, melainkan difokuskan kepada pengentasan kemiskinan ekstrim desa, seperti yang tertuang dalam peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Permenkeu RI) Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD Tahun 2023 adalah keluarga miskin Ekstrim yang bersangkutan terdaftar dalam keluarga ( Desil 1) sebagai data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 pasal 6 ayat 2 huruf i, bahwa penggunaan Dana Desa untuk Program Prioritas Nasional untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.


Menurut keterangan Kepala Desa Dimong Sujarwo, SH., yang lebih dikenal sebagai Purnawirawan Polri mengatakan, "Semua Keluarga Penerima Manfaat BLT DD ini benar-benar asli warga masyarakat Desa Dimong yang masuk dalam daftar warga miskin Ekstrim," tuturnya.


Lebih lanjut disampaikan, "Pemerintah Desa Dimong tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam proses pencarian dan pendataan KPM BLT-DD tahun ini, apakah mereka layak atau tidak sehingga dalam penyalurannya tepat sasaran,"  ujarnya.


Sementara, pihak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengucapkan terima kasih kepada pihak pemerintah dan berharap, "Semoga Kedepan masih ada bantuan seperti ini sehingga bisa meringankan beban ekonomi orang miskin seperti saya ini."  Ungkap salah seorang KPM yang enggan disebut namanya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini