Awal 2023 Ratusan Wisman Berkunjung ke Sumenep - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Jumat, 10 Maret 2023

Awal 2023 Ratusan Wisman Berkunjung ke Sumenep



Sumenep, Metro Jatim;

Ratusan wisatawan mancanegara (Wisman) berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rabu(01/03/2023).


Berkunjungnya wisman dari beberapa negara itu ke Kota keris ini, merupakan efek positif dari Kalender Of Event 2023 Sumenep Masa Kejayaan.


Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Mohammad Iksan menyampaikan, bahwa kunjungan wisman kali ini merupakan yang pertama kali di tahun 2023.


“Alhamdulillah berkat beberapa event kalender wisata 2023 yang sudah di gelar, hari ini sebanyak 117Wisman sudah berkunjung ke Sumenep,” katanya kepada Media ini. Rabu (01/03/2023).


“Ratusan Wisman itu berasal dari Amerika dan Australia, Meraka rencananya akan mengunjungi Museum Keraton Sumenep, Masjid Jami’ dan Asta Tinggi,” kata Kepala Disbudporapar.


Saat tiba di Sumenep, sambung Moh Iksan panggilan akrabnya menjelaskan, para wisatawan itu disambut dengan beberapa kesenian, kebudayaan, kuliner kerajinan khas Sumenep.


“Setibanya di Pendopo Agung Keraton Sumenep, kami suguhkan kesenian tradisional yaitu Saronen dan juga kami suguhkan kuliner khas sumenep seperti apen dan ketas,” ujar Iksan.


Tak hanya itu, mantan kadinsos itu juga menjelaskan, para wisatawan juga disuguhkan dengan kerajinan tradisional asli Sumenep, yaitu kerajinan keris dan membatik.



“Untuk batik tadi banyak turis yang membeli bahkan ada yang borong berapa motif batik kha Sumenep. Tapi untuk keris hanya kami perlihatkan saja, sebab masuk kategori senjata,” ucapnya.


Kunjungan wisatawan mancanegara, menurutnya sangat bagus untuk mendongkrak pergerakan ekonomi sektor pariwisata di Kabupaten yang dijuluki Kota Keris itu.


“Semoga kedepannya lebih banyak lagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke Sumenep,” harap mantan Kepala Dinsos Sumenep itu, harapnya. (YAKOEB/AIS).

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini