Disperindag Menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Bahan Dasar Umbi-umbian - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 11 Maret 2023

Disperindag Menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Bahan Dasar Umbi-umbian

 




Tulungagung, Metro Jatim;

Bertempat di Desa Pakisaji Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (DISPERINDAG) Provinsi Jawa Timur telah mengadakan bimbingan teknis bagi wirausaha baru pengelolaan makanan berbahan dasar Umbi-umbian.


Dalam acara tersebut dihadiri Camat Kalidawir, Ali Muhtar, Kepala Desa Pakisaji, Sumadi, serta perwakilan dari Disperindag Kabupaten Tulungagung dan provinsi Jawa timur.


Siti Nafsiah pembantu instruktur dari provinsi Jawa Timur ketika dikonfirmasi menjelaskan, kegiatan diikuti oleh 20 peserta, menyeluruh dari Disperindag kabupaten Tulungagung.


"Manfaat kegiatan ini yaitu, untuk membantu menciptakan wirausaha baru serta membina Industri Kecil Menengah (IKM) daerah. Agar masyarakat lebih kreatif mengolah makanan agar bisa menjadi nilai jual yang tinggi," terangnya, Jum'at (10/3/2023).


Untuk bahannya saat ini yaitu, berbahan dasar umbi-umbian dari jenis umbi jalar ungu, umbi jalar oranye dan umbi ongol.


"Dari umbi tersebut kita bisa membuat berbagai jenis makanan yang special dan bernilai jual tinggi seperti donat, sereal, minuman dan stik," jelasnya.


Siti Nafsiah menambahkan, saat ini kita belajar dari bahan umbi ini untuk dibuat delapan jenis varian atau resep.



"Pertama dibuat donat sereal, singkong padang, sereal big min, ubi oranye kecimpung, smoky ungu semacam minuman, stik ungu dan lain-lain," tambahnya.


Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menambah wawasan dan menimbulkan wirausaha baru dan bisa berkembang sehingga bisa menghasilkan lapangan pekerjaan.


"Kedepannya wirausaha bisa berkembang dan lebih kreatif dalam mengolah makanan mentah menjadi makanan yang bernilai jual tinggi, selain itu hari ini juga ada fasilitas pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)," harapnya. (Team Dewan redaksi)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini