RSUDMA Sumenep Layani Hemodialisa, Cara Tips Hindari Gagal Ginjal - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 11 Maret 2023

RSUDMA Sumenep Layani Hemodialisa, Cara Tips Hindari Gagal Ginjal

Kasi Humas RSUD Moh Anwar Sumenep: Arman Endika


Sumenep, Metro Jatim;

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moh Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur melayani Hemodialisa atau cuci darah.


Layanan dengan dilengkapi Faskes (fasilitas kesehatan) merupakan satu – satunya di wilayah Kabupaten Sumenep yang mempunyai 17 unit set mesin Hemodialisa.


Kasi Humas Seksi Informasi RSUD dr Moh Anwar Sumenep, Arman Endika Putra mengatakan bahwa RSUD dr Moh Anwar termasuk rumas sakit yang pertama di Madura melayani cuci darah atau Hemodialisa.


“Kami mempunyai pengalaman panjang termasuk melakukan regenerasi terhadap peralatan cuci darah. Dimana sebelumnya hanya berjumlah 8 atau 9 unit menjadi 17 unit,” jelasnya saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (09/03/ 2023).


Pola Makan Penyebab Gagal Ginjal


Selain itu, Arman juga menjelaskan bahwa penyebabkan gagal ginjal dipengaruhi pola makan yang kurang sehat. Hal itu, karena disadari dengan macam – macam variasi makanan yang semakin beragam terutama yang berkaitan dengan Junk Food.


“Pola makanan kita yang cenderung asin atau cenderung manis berpengaruh terhadap kerja organ dalam tubuh kita,” katanya.




“Contoh, makanan anak anak itu kan cenderung asin, atau minuman – minuman itu kan cenderung manis, itu paling tidak berpengaruh kerja ginjal kita. Termasuk kerja Pankreas (sistem pencernaan) kita, penyakit diabet, gagal ginjal,” terangnya.


Sebab, kata dia, saringan- saringan air yang mengandung garam, atau mengandung gula berlebih akan mempercepat rasa haus daripada air yang kandungan garam atau gula yang sedikit.


Masing – masing kandungan itu ada panduan setiap hari berapa kandungan yang bisa ditolerir oleh tubuh,” jelasnya.


Tips Menghindari Penyakit Gagal Ginjal


Untuk itu, pihaknya memberikan beberapa tips pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit terutama yang berkaitan dengan ginjal.


“Tips- tipsnya olahraga, menjaga kadar gula, menjaga tekanan darah, menghindari makanan yang kurang sehat.

Pola hidup sehat itu digalakkan,” ungkapnya..


Untuk lebih lengkapnya tips – tips menghindari gagal ginjal kronis (penyakit GGK), bisa diintip langsung di @rsuma7 ig resmi RSUD dr Moh Anwar Sumenep." pungkasnya. (YAKOEB)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini