Dinkes Banyuwangi Siap Siaga Jadi Garda Terdepan Jelang Mudik Idul Fitri 2023 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 08 April 2023

Dinkes Banyuwangi Siap Siaga Jadi Garda Terdepan Jelang Mudik Idul Fitri 2023

plt. Kepala Dinkes Banyuwangi, Amir Hidayat



Banyuwangi, Metro Jatim;

Hari raya Idul Fitri 1444 H telah didepan mata, tentu akan banyak pemudik yang akan ke kampung halaman. Menjelang mudik hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi menyiagakan petugas kesehatan dengan mendirikan 9 pos pelayanan yang tersebar sepanjang ruas jalan Banyuwangi, guna menjadi garda pertolongan pertama bagi pemudik.


Nantinya pos pelayanan kesehatan tersebut akan beroperasi selama 24 jam untuk melayani warga yang melakukan perjalanan mudik. Akan ada sejumlah petugas kesehatan yang secara waktu bergantian untuk bersiaga, termasuk adanya perawat, bidan dan dokter dan supir Ambulance  disetiap pos pelayanan kesehatan untuk memberikan bantuan dan perawatan kepada pengendara bila terjadi hal yang tak diinginkan dijalan.


Selain sebagai pertolongan pertama dilokasi, jika terjadi hal yang gawat darurat, yang tidak dapat ditangani oleh pos pelayanan kesehatan, nantinya disetiap posko akan disediakan mobil ambulance yang disiapkan oleh puskesmas kecamatan tempat berdirinya pos pelayanan kesehatan tersebut, untuk melarikan pemudik ke rumah sakit atau puskesmas dengan fasilitas yang cukup memadai. Jadi pos pelayanan ini terdapat dokter yang bisa merujukkan pasien atau pemudik yang tidak dapat ditangani oleh posko dengan dibawa ke instalasi seperti puskesmas terdekat atau Rumah Sakit.


Tidak hanya pos pelayanan kesehatan saja yang bersiaga, pihak Dinkes juga mengintruksikan kepada rumah sakit rujukan untuk menerapkan progam standar kesiagaan arus mudik dan balik bila terjadi kecelakan, karena fasilitas rumah sakit rujukan yang memadai dan terbilang lengkap. H-7 hingga H+7 rumah sakit pemerintah yang menjadi rujukan seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Genteng, RSUD Blambangan akan selalu siaga.


Dijelaskan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, menyatakan jika 9 pos kesehatan tersebut nantinya akan tersebar disepanjang ruas jalan provinsi mulai dari Banyuwangi bagian selatan hingga Banyuwangi Bagian utara, yakni Kecamatan Kalibaru, Genteng, Gambiran, Cluring, Srono, Rogojampi, Banyuwangi, Ketapang dan Wongsorejo, atau kawasan padat lalu lintas.

 

"Dari Dinas Kesehatan sendiri mengkoordinir puskesmas setempat termasuk juga rumah sakit umum dan swasta, untuk andil dalam pos pelayanan kesehatan" ucap, (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, Kamis (6/4/2023).


"Nanti dokter dan perawat akan dibagi beberapa shift untuk bersiaga di pos pelayanan kesehatan," lanjutnya.


Diharapkan dengan siapnya petugas serta segala fasilitas pendukung dapat memberikan kenyamanan kepada pemudik dalam melaksanakan perjalanan,” imbuh, Amir.


Untuk diketahui, pos pelayanan kesehatan ini juga termasuk  salah satu posko pelayanan terintegrasi yang diinstruksikan melalui Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Semeru 2023 oleh Polisi Resort Kota (Polresta) Banyuwangi, sebagai bentuk awal peninjauan kesiapan tim gabungan untuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2023. (Herman)

 

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini