Rabat Beton Jalan Desa Sebagai Skala Prioritas Pembangunan. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 06 April 2023

Rabat Beton Jalan Desa Sebagai Skala Prioritas Pembangunan.


Madiun, Metro Jatim;

Serap kucuran Dana Desa (DD) Th 2023 Pemerintahan Desa Winong Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun optimalkan pembangunan fisik rabat beton Jalan desa sebagai skala prioritas guna mempercepat roda pembangunan diwilayahnya, hal ini sesuai dengan Permendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 Pada Bab 5 maupun Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/APMK.07/2023 Tentang Pengelolaan Dana Desa (DD). Rabu. 5 /4/2023.


Pembangunan Rabat  beton jalan dilingkungan RT 30  RW 09 Dusun Winong dengan Volume 400 m X  2,5 m X 0,12 m menyerap anggaran sebesar Rp 226.000.000,- (Dana Desa) dikerjakan dengan Sistem Swakelola, artinya tidak melibatkan pihak ketiga (Kontraktor) akan tetapi memaksimalkan penggunaan tenaga pekerja warga masyarakat disekitar  lingkungan  Dusun Winong sendiri didampingi oleh petugas pendamping desa dan dibawah pengawasan langsung Kepala Desa Winong Agus Nurwakit, bersama unsur BPD, dikandung maksud agar kualitas bangunan rabat beton jalan tersebut sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah, hingga berita ini diturunkan progres pengerjaannya baru mencapai 25%.


"Pemilihan penggunaan rabat beton dan Sistem pengerjaannya menggunakan Swakelola dimaksudkan agar dengan rabat beton kondisi jalan akan lebih tahan lama bila dibandingkan dengan menggunakan bahan lainnya, disesuaikan dengan kondisi medan yang ada (pegunungan), sedangkan penerapan pengerjaannya dengan sistem Swakelola,  diharapkan dapat berdampak langsung menyentuh pada percepatan pertumbuhan dan pemulihan ekonomi warga masyarakat Desa Winong di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19," ujar Kepala Desa Winong Agus Nurwakit yang dikenal sebagai Purnawirawan TNI-AD kepada awak media ini.


"Selain hal itu, pemilihan lokasi pembangunan rabat  beton jalan dilingkungan Dusun Winong tersebut telah melalui usulan dan disepakati dalam forum Musyawarah Dusun (Musdus) maupun Musyawarah desa (Musdes) beberapa waktu lalu sebagai Sekala Prioritas pembangunan, dengan harapan proyek infrastruktur tersebut dapat membawa manfaat sebesar-besarnya khususnya bagi petani dan umumnya warga Dusun  Winong itu Sendiri," lanjutnya.


Pihak PLT. Kepala Dusun Winong, Edi Sujasman menjelaskan, "Warga Lingkungan Dusun Winong sangat berharap dibangunnya jalan tersebut, mengingat itu satu-satu akses yang digunakan warga menuju Sawah dan ladang untuk mengangkut hasil panen bahkan akses menuju ke area makam Dusun Winong,” ujarnya.


Dilain pihak, Mulyo Widodo sebagai warga Dusun Winong melalui media ini mengucapkan, "Terima kasih sebesar besarnya kepada pemerintah atas bantuan dana yang diberikan sehingga bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan desa yang sudah lama ditunggu pembangunannya untuk lebih memudahkan warga menuju Sawah maupun Ladang dan memudahkan pula pengangkutan hasil pertaniannya," tutupnya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini