Penilaian Paparan dan Kunjung Lapang Lomba Desa/ Kelurahan dan Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2023 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 19 April 2023

Penilaian Paparan dan Kunjung Lapang Lomba Desa/ Kelurahan dan Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2023


Madiun, Metro Jatim;

Gelar acara Penilaian Paparan dan Kunjung Lapang Lomba Desa/ Kelurahan dan Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2023 telah dilaksanakan di Desa Randualas Kecamatan Kare Kabupaten Madiun pada hari, Rabu (12/4/2023).


Pelaksanaan gelar acara tersebut diawali dengan penyambutan rombongan Ketua Penggerak PKK Kabupaten Madiun Ibu Penta Lianawati Ahmad Dawami bersama tim yuri secara tradisi kampung pesilat dan sajian pentas tari dan seni kerawitan oleh siswa siswi sekolah Dasar Negeri I Randualas di pendopo desa setempat.


Hadir dikesempatan itu, Camat Kare Alviantoro, S. STP. M.M., serta didampingi Kapolsek Kare dan Komandan Koramil Kare, seluruh Kepala Desa Lingkup Kecamatan Kare, ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Randualas, Pemuka Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda sebagai undangan.


Pada kesempatan sambutannya Camat Kare, Alviantoro, S. STP. M.M, mengatakan, "Bila dilihat dari geografis dan Demografisnya Desa Randualas merupakan desa yang memiliki potensi luar biasa khususnya dibidang pertanian dan perkebunan dan pelestarian budaya untuk itu kedepannya agar disinergikan antara program pemerintah  Kabupaten Madiun dan Pemerintah Kecamatan Kare serta seluruh desa diwilayah Kecamatan Kare dengan program arah kebijakan pemerintah yang ada,”  tuturnya.


Bremmy Purba Hari Wijaya SE., Mewakili Kepala Dinas PMD dalam sambutan singkatnya mengatakan,"Dilihat dari kesiapannya Desa Randualas jelas sudah sangat siap dan semoga dengan kesiapan ini bisa dibuktikan di penilaian lapang maupun paparan hingga menjadi desa yang terbaik,” ujarnya.


Dikesempatan yang sama, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Madiun Ibu Penta Lianawati Ahmad Dawami dalam sambutannya mengatakan, "Kepada Warga Masyarakat agar tetap menjaga Kerukunan dan gotongroyong kemudian harapan saya lomba ini tidak hanya Serimonial saja namun kesempatan lomba ini untuk membenahi dalam program - program yang belum terlaksana dengan baik dan mendorong lebih maju lagi, selain itu kepada ketua penggerak PKK Desa Randualas untuk selalu bersinergi dalam membantu pemerintah desa supaya apa yang menjadi Visi Misi Desa Randualas dapat tercapai, sebab PKK yang bagus pasti desanya akan bagus karena implementasi didalam 10 program pokok PKK sudah memuat lima materi didalamnya,” tuturnya. 


Pada sesi penyampaian materi Paparan Potensi dan pengembangan wilayah yang disampaikan oleh  Kepala Desa Randualas Suyadi antara lain adalah "Pada Visi bahwa Desa Randualas terwujudnya masyarakat Randualas sebagai desa yang agamis, mandiri untuk mencapai masyarakat yang sehat, cerdas dan lebih sejahtera serta melayani masyarakat dengan sepenuh hati, sedangkan Misi Desa Randualas adalah mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan, mendorong terjadinya kerukunan antar dan internal warga masyarakat, membangun, meningkatkan hasil pertanian, melaksanakan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius, yang jelas Misi Desa Randualas sangat Singkron denga Visi dan Misi Kabupaten Madiun, yaitu Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak,” ujarnya.


Lanjut pada Paparan Demografi, Kepala Desa Randualas Suyadi mengatakan, "Luas Desa Randualas 1714, 17 Hektar dengan jumlah penduduk 6.624 Jiwa, wilayah terbagi menjadi 5 Dusun yaitu, Dusun Randualas, Slagi, Dawung, karang Agung dan Dusun Slagi, sedangkan potensi Desa Randualas dengan letak Geografis yang Strategis berpotensi untuk Perkebunan Holti Kultura seperti Jagung, polowijo, tembakau serta umbi-umbian juga tanaman Kakao, sebagian bercocok tanam padi, sedangkan untuk kegiatan UMKM  Desa Randualas sangatlah banyak seperti halnya aneka olahan kripik, kue, Jamu tradisional Kunir Asam dan kerajinan kayu," ujarnya.


Masih kata Suyadi, "Disamping itu karena letak Desa Randualas letak Geografisnya strategis maka sangat berpotensi untuk pengembangan dibidang pertanian dalam pengembangan  terutama tanaman Holtikultura, Padi, jagung dan umbi-umbian bahkan tanaman Kakao (Coklat), dibidang ekonomi kreatif dalam hal pengembangan UMKM terdapat aneka olahan kripik, kue dan kerajinan kayu, untuk sistim keuangan desa sudah berbasis online memalui aplikasi CMS (Cash Management System) sehingga memudahkan pelaporan pengelolaan keuangan desa, serta Regulasi yang diterbitkan, Perdes diterbitkan pada Tahun 2022 sebanyak 12 dokumen, Perkades 5 dokumen dan Permakades 2 dokumen, untuk Lembaga Rukun tetangga, Rukun Warga, PKK, Pos Yandu dan Karang Taruna merupakan mitra pemerintah desa dalam memperdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga, dibidang kerukunan, gotong royong masyarakat sangatlah baik, termasuk pemanfaatan pekarangan untuk melestarikan sumber mata air bisa dipertanggung jawabkan, juga kegiatan bank sampah randuasri, taman baca dan kegiatan kerja bakti yang didukung oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam Seloaji Peduli, dibidang kebudayaan terdapat pelestarian seni Budaya Kerawitan dan Budi daya kesenian Thok Thok Brok, mengingat budaya ini adalah satu-satu kesenian tradisionil yang ada di Desa Randualas bahkan didunia ini,” lanjutnya.


Pada sesi terakhir adalah Paparan Ketua Penggerak PKK Desa Randualas dimana inti dari paparan sama dengan yang telah disampaiakan oleh Kepala Desa Randualas dilanjutkan sesi terakhir penilaian kunjung lapang. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini