Percepat Pembangunan Fisik Jalan Desa Dengan Memanfaatkan Anggaran BKK - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 07 Juni 2023

Percepat Pembangunan Fisik Jalan Desa Dengan Memanfaatkan Anggaran BKK



Madiun, Metro Jatim;

Memaksimalkan pemanfaatan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2023 untuk perbaikan infrastruktur jalan desa yang kondisinya rusak atau tidak layak, seperti halnya yang dilaksanakan  oleh Pemerintah Desa Kebonagung Kecamatan Mejayan  Kabupaten Madiun, mendapat Apresiasi warga masyarakatnya. Rabu 7/6/2023.


Menurut penuturan Kepala Dusun Wates, Rino Prasetyo, "Rencana perbaikan fisik jalan lingkungan Rt 04 RW 01 Dusun Wates Desa Kebonagung  yang rusak dan tidak layak tersebut sudah diusulkan lebih dahulu melalui forum Musdus maupun Musdes sehingga mendapat persetujuan sebagai Skala prioritas pembangunan fisik desa," tuturnya


"Dengan memaksimalkan penggunaan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Tahun 2023 saat ini usulan warga masyarakat tersebut telah terealisasi pembangunannya,  mengingat infrastruktur jalan adalah untuk kepentingan mobilisasi warga yang harus mendapatkan perhatian serius, dimana salah satu fungsinya adalah sebagai penunjang percepatan roda pembangunan fisik desa maupun pemulihan ekonomi  masyarakat Pasca Pandemi Covid-19," imbuhnya.


Pertimbangan pembangunan akses jalan yang rusak dengan menggunakan rabat  beton Jalan sesuai spesifikasi (Spek) standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah dengan menaruh harapan, kondisi jalannya agar tidak cepat rusak dan tahan lama bila dibandingkan dibangun menggunakan bahan lainnya, sehingga anggaran untuk perbaikan pada periode tahun berikutnya dapat digunakan untuk pembangunan fasilitas yang lain.


Sedangkan Volume rabat beton jalan yang dibangun adalah 200 m2 menyerap anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Tahun 2023 sebesar Rp 50.000.000,-  dikerjakan dengan sistim Swakelola artinya semua pengerjaannya dikerjakan dengan memberdayakan tenaga masyarakat lingkungan setempat tidak melibatkan pihak ketiga (Kontraktor), pelaksanaan pengerjaannya dibawah pengawasan pihak Kepala Desa Kebonagung, Alex Susanto, S. M., dibantu oleh pihak petugas pendamping desa, Unsur BPD dan ketua pokmas, sampai berita ini diturunkan progres pembangunannya sudah mencapai 100%.


Harapan Kepala Desa Kebonagung, Alex Susanto, S. M., ketika dikonfirmasi diruang kerjanya kepada awak media ini mengatakan, "Dengan kondisi jalan yang baik, pertama akan meminimalisir Laka lalin, kedua memudahkan warga melakukan aktivitas, terutama dalam pengoperasian kendaraan pengangkut hasil pertanian, jasa pelayanan sosial, kesehatan dan pendidikan, dengan demikian harapan saya kedepan percepatan pertumbuhan pada semua sektor dapat terwujud, sehingga Desa Kebonagung tidak tertinggal dengan desa maju lainnya," tutur Kades Kebonagung Alex Susanto mengakhiri konfirmasinya. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini