PENGUATAN KELEMBAGAAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS TP PKK KECAMATAN DAN TP. PKK DESA/KELURAHAN TAHUN 2023 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 05 Juli 2023

PENGUATAN KELEMBAGAAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS TP PKK KECAMATAN DAN TP. PKK DESA/KELURAHAN TAHUN 2023


Jombang, Metro Jatim;

Telah dilaksanakan acara Penguatan Kelembagaan Dan  Peningkatan Kapasitas TP PKK Kecamatan dan TP. PKK Desa/Kel Tahun 2023 pada hari Rabu,  5 Juli  2023 pada pukul 08.00 WIB s/d selesai. Bertempat di Ruang Bung Tomo Pemkab. Jombang.


Hadir dalam acara tersebut ada Ibu Bupati Jombang, Kepala Dinas PMD Kabupaten Jombang, Ketua TP. PKK Kabupaten Jombang, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Jombang, Kepala Dinas PPKB PPPA, para narasumber dan peserta pelatihan.

 


Dasar pelaksanaan acara ini adalah undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Peraturan menteri dalam negeri nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa peraturan daerah Kabupaten Jombang nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Jombang. Sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan daerah Kabupaten Jombang Nomor 3 Tahun 2021 Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 7 Tahun 2022 tentang, anggaran dan pendapatan belanja daerah tahun 2023. Peraturan Bupati Jombang nomor 81 tahun 2022 tentang penjabaran anggaran dan pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2023.


Maksud dari kegiatan ini adalah terwujudnya penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasita tp. pkk kecamatan dan desa/kelurahan. Sedang tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku TP PKKkecamatan dan TP. PKK desa/kelurahan, serta meningkatkan  kemampuan TP. PKK kecamatan dan desa/kel. Dalam melaksanakan tugas sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khusunya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa gotong royong dan swadaya dalam dalam mewujudkan pembangunan partsipatif. Peserta dalam kegiatan ini, terdiri dari TP. PKK kecamatan : 21 orang (21 Kec. Se Kab. Jombang) dan TP. PKK desa/kel. : 306 orang (306 Desa/Kel Se Kab. Jombang).


Acara penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas ini, dilaksanakan dengan diawali sambutan dari Bupati Jombang. Dalam sambutannya Bupati Jombang mengucapkan terima kasih dan mendukung seluruh jajaran tim penggerak PKK. Mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa/kelurahan, yang sudah bekerja keras menjadi mitra pemerintah kabupaten jombang dalam pelaksanaan program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di semua sektor.


Gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga merupakan gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggeraknya. Hal ini telah tertuang dalam peraturan presiden nomor : 99 tahun 2017. PKK ini adalah wadah bagi perempuan untuk melaksanakan tugas kewajiban dengan ikut berperan serta dalam kemajuan pembangunan. Diawali dari pemberdayaan di lingkungan keluarga demi terciptanya keharmonisan dan rasa aman.


Menurut Bupati kegiatan ini sangat diperlukan dalam bersinergi, berkomunikasi antar kader dengan pemerintah dalam memberikan pelayanan dan wujud bakti pada masyarakat. semua ini dilakukan bersama dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup keluarga yang berdaya dan sejahtera, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya. Namun demikian, peningkatan kapasitas tp pkk harus di evaluasi menyeluruh agar nantinya dapat lebih efektif, tepat arah, dan tepat sasaran, serta berdaya dan berhasil secara optimal, agar mampu merumuskan program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.


”Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tim penggerak pkk dalam memberdayakan masyarakat, serta meningkatkan kemampuan tim penggerak pkk kecamatan dan desa dalam memberikan bimbingan dan pembinaan,” harap Bupati. 


Bupati juga meminta untuk memanfaatkan waktu pelaksanaan pada hari ini dengan sebaik-baiknya, sehingga hasil peningkatan kapasitas ini bisa menjadi acuan tim penggerak pkk kabupaten jombang dalam bekerja dan berkontribusi secara maksimal.


”Semoga dengan kegiatan peningkatan kapasitas tim penggerak pkk ini, bisa berinovasi dalam melaksanakan kegiatan demi meningkatkan kinerja PKK menuju ketahanan keluarga,” lanjutnya.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing narasumber dengan  materi:

1. Ketua PKK Kab. Jombang: Peran PKK dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kab. Jombang.

2. DPMD : Penguatan Kelembagaan

3. Dinas Kesehatan: upaya penurunan angka stunting melalui aksi bergizi generasi maju.


Pelaksanaan kegiatan ini dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Jombang yang tertuang dalam dokumen pelaksanaan Anggaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Jombang Tahun 2023. (Hsn)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini